Gudeg Solo Kendangsari untuk Citarasa Khas Surabaya

0
136
gudeg solo dari gudeg solo kendangsari
Gudeg Solo - Foto oleh Nurul Rahmawati

Pesenmakan.id, Surabaya – Selama ini, gudeg selalu terkenal sebagai makanan khas dari Yogyakarta. Namun sebetulnya gudeg Solo juga menjadi salah satu kuliner khas dari Solo yang selalu menjadi makanan yang wajib dikonsumsi jika bertandan di Solo.

Namun kini, gudeg Solo juga bisa ditemui di Surabaya. Sekilas, gudeg Yogyakarta tak ada bedanya dengan gudeg Solo karena berbahan utama nangka muda. Namun untuk pembuatan gudeg di Yogyakarta umumnya menggunakan kelapa parut yang dimasak bersamaan dengan nangka dan disangrai.

Gudeg Yogyakarta itu, warnanya lebih gelap pekat dan ada tambahan gula aren. Rasanya pun lebih manis. Berbeda dengan gudeg Solo yang menggunakan santan sehingga warnanya lebih terang. Rasa gudeg Solo cenderung gurih dan tak terlalu manis.

Review Nasi Gudeg Solo

gudeg solo dari gudeg solo kendangsari
Gudeg Solo – Foto oleh Nurul Rahmawati

Sejak tahu ada nasi gudeg Solo di Surabaya, saya langsung penasaran untuk mencoba langsung nasi gudeg Solo yang menjadi salah satu primadona Gudeg Solo Kendangsari. Saya penasaran karena Gudeg Solo Kendangsari ini selalu digadang-gadang pas dengan citarasa khas Surabaya.

Harga yang disajikan di Gudeg Solo Kendangsari pun cukup terjangkau. Saya memesan Nasi Gudeg Komplet seharga Rp 30 ribu.

Nasi gudeg komplet dari nasi gudeg Solo ini berisi nasi putih, gudeg, krecek, telur, ayam suwir yang disiram kuah areh yang memiliki cita rasa lezat. Suwiran ayamnya berlimpah membuat tampilan nasi gudeg ini semakin memikat. Aroma wangi tercium dari seporsi nasi gudeg Solo ini.

Nasi putih yang disajikan di nasi gudeg Solo ini lebih pulen dan aromanya pun wangi. Gudeg Solo yang disajikan adalah gudeg dengan kombinasi rasa manis tapi gurih. Perpaduan rasa ini membuat gudeg ini menjadi semakin lezat. Bagi yang tidak terlalu suka gudeg yang manis, gudeg Solo ini bisa menjadi pilihan karena sesuai dengan citarasa khas Surabaya.

Lalu, bagaimana dengan rasa kuah areh? Sejak pertama kali mencicipi kuah areh, saya sudah jatuh cinta karena rasanya pas di lidah. Terasa gurih namun tak terlalu asin. Saya sarankan kuah aren ini di siram langsung di atas nasi gudeg agar rasa nasi gudegnya semakin lezat.

Rasa krecek yang tak terlalu pedas terasa pas berpadu dengan nasi gudeg yang disajikan di nasi gudeg Solo Kendangsari. Kreceknya tak terlalu keras, namun lembut tapi juga kenyal. Saya jamin, sekali mengigit krecek ini, bakalan selalu ingin nambah.

Telur yang tersaji bukanlah telur rebus biasa. Tapi telurnya adalah telur bacem yang memiliki citarasa khas yang menggugah selera. Menurut saya, Gudeg Solo Kendangsari ini memberikan bahan makanan yang terbaik seolah tanpa ada cela. Suwiran ayamnya berasal dari ayam kampung yang dimasak dengan opor gurih nan lezat. Rasa opor terasa meresap di suwiran ayam.

gudeg solo dari gudeg solo kendangsari
Gudeg Solo – Foto oleh Nurul Rahmawati

Gudeg Solo Kendangsari seolah ingin mengobati kerinduan saya untuk mencoba kelezatan kuliner khas Solo. Perpaduan rasa manis dan gurih dengan beraneka lauk merupakan daya tarik. Rasanya pas untuk lidah saya, arek Surabaya yang cenderung menyukai makanan yang gurih.

Selain nasi gudeg, juga ada beberapa pilihan menu lainnya seperti nasi timlo, nasi rames, lontong opor dan bahkan sop ayam. Berbagai pilihan menu makanan yang disajikan Gudeg Solo Kendangsari ini tentunya menjadi menu pilihan yang pas untuk citasara khas Surabaya.

Jajan Gudeg Solo Kendangsari di GoFood Festival

Sekarang, untuk mencicipi kuliner Gudeg Solo Kendangsari, ada pilihan lain selain berkunjung ke restorannya yang terletak di Jalan Kendangsari Dalam Nomor 67, Surabaya.

Pilihan lainnya adalah mengunjungi Gudeg Solo Kendangsari di GoFood Festival. Gudeg Solo Kendangsari membuka booth di sini. Sehingga, ketika lelah mengelilingi Mal, kamu bisa mampir dan menuntaskan rasa lapar.

Makan di GoFood Festival sangat menyenangkan. Tempatnya didesain semenarik mungkin untuk memberikan sensasi makan yang nyaman. Apalagi, tempat ini juga diisi dengan acara hiburan. Hal menarik lainnya dengan makan di GoFood Festival adalah sistem pembayarannya yang gak ribet dengan menggunakan GoPay QR Code. Bahkan kamu bisa berkesempatan mendapatkan cashback hingga 50 persen dengan menggunakan GoPay.

Tapi, jika memang jaraknya yang terlalu jauh dari rumah, kamu tetap bisa makan Gudeg Solo Kendangsari, kok. Caranya dengan memesan melalui layanan GoFood pada aplikasi Gojek. Kamu tak perlu repot-repot karena bisa langsung memesan gudeg Solo dari mana saja dan kapan saja.

Tak sabar ingin mencoba gudeg Solo Kendangsari yang memiliki citarasa khas Surabaya? Langsung saja pesan di GoFood untuk merasakan kelezatannya. (PENA/NR)

Banner Pesen Makan Sekarang