Gado Gado Kedai Kito Basuki Rahmat Palembang : Rasa Enak Harga Wajar

0
512
Gado Gado Kedai Kito Basuki Rahmat Palembang : Rasa Enak Harga Wajar
Gado-gado Kedai Kito Basuki Rahmat : Foto Oleh Nina Fajriah

Pesenmakan.id, Palembang – Apakah anda penggemar salad? saya juga. Rasanya segar bisa melahap menu western berupa sayuran segar yang diberi dressing berbagai saus pilihan seperti mayonnaise, thousand island, dan lain-lain. Namun tahukah anda bahwa di Indonesia kita juga bisa menemukan makanan yang serupa dengan salad dan setali tiga uang menyegarkan? Anda pasti sudah familiar dengan makanan yang dua ini.

Adalah Gado-gado dan karedok yang merupakan ‘salad Indonesia asli’ yang kelezatannya sudah termashur ke seluruh Nusantara. Gado-gado sendiri merupakan salah satu makanan yang berasal dari Betawi, berupa sayur-sayuran yang direbus, lalu ditiriskan. Ada banyak sayuran yang menjadi isian gado-gado. Yang paling umum digunakan yaitu bunga kol, kubis, selada, taoge dan kacang panjang.

Sedangkan karedok adalah salah satu makanan khas Sunda yang berisikan sayur-sayuran segar serupa Gado-gado, hanya sayurnya tidak dimasak.

Baik sayur-sayuran Gado-gado maupun Karedok kemudian diberi ‘dressing’ dengan saus kacang yang diracik sedemikian dengan berbagai bumbu dan cabai – jika ingin memberi rasa pedas. Ada juga yang menambahkan tahu/tempe iris dan telur rebus. Gado-gado dan Karedok bisa dinikmati bersama lontong, kerupuk, nasi, atau apapun sesuai selera anda.

Gado-gado di Daerah Palembang

Berbicara Gado-gado, makanan ini tidak hanya ada di Betawi, namun hampir di seluruh wilayah di Nusantara anda bisa menemukan penjual gado-gado – termasuk di Palembang. Nah, kali ini saya akan bercerita mengenai makanan Gado-gado yang kami sukai yang berada kurang lebih sekitar 1,7 km dari rumah. Namanya Gado-Gado Kedai Kito.

Saya cukup sering membeli gado-gado ini, terlebih jika kami mulai bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Jika ingin menjadi makanan utama, kami akan memesan gado-gado dengan lontong. Namun jika ingin menjadikan Gado-gado sebagai pendamping makanan utama, biasanya kami akan memesannya tanpa lontong untuk dinikmati bersama nasi panas dan lauk.

Tak perlu repot ke luar rumah dan menantang matahari terik di Palembang untuk membeli Gado-gado. Cukup dengan aplikasi Go-Jek dengan layanan Go-Food kami sudah bisa memesan kelezatan gado-gado Kedai Kito.

Memesan Gado-gado Kedai Kito di Go-Food

Jika anda tertarik ingin mencoba, anda bisa masuk ke menu Go-Food, lalu cari di pencarian atas nama merchant ‘Warung Pindang dan Gado-gado Kedai Kito’. Selain Gado-gado, warung ini juga terkenal akan menu pindangnya yang segar. Menu Gado-gado berada di bagian atas merchant ini dan masuk dalam daftar menu yang recommended dari merchant ini. Anda bisa dengan mudah langsung memesannya.

Saya memesan dua gado-gado dengan lontong dan tidak dengan lonton seharga masing-masing Rp.13.000, sehingga dua bungkus gado-gado harganya Rp.26.000. Dengan jarak 1.7 km, saya dikenakan ongkos kirim sebesar Rp.8.000. Sehingga total yang harus saya bayarkan adalah sebesar Rp.34.000

Saya sempat bertanya kepada driver Go-Food apakah harga gado-gado dengan lontong dan tanpa lontong berbeda? Ternyata tidak. Harganya tetap sama. Hanya, gado-gado yang tidak menggunakan lontong mendapatkan sayuran lebih banyak dari yang tidak menggunakan lontong. Dengan cara ini memang lebih praktis karena pelanggan tetap dikenakan satu harga.

Gado Gado Kedai Kito Basuki Rahmat Palembang : Rasa Enak Harga Wajar
Gado-gado Lontong – Foto Oleh Nina Fajriah

Kemasan dari gado-gado kedai kito ini saya perhatikan tak begitu rapi karena kuah kacang gado-gado masih bisa merembes ke bungkus kertas yang digunakan. Karenanya setelah sampai, langsung saya pindahkan ke piring makan untuk segera saya santap.

Gado Gado Kedai Kito Basuki Rahmat Palembang : Rasa Enak Harga Wajar
Bungkus Gado-gado – Foto Oleh Nina Fajriah

Mengenai rasa, gado-gado Kedai Kito memiliki rasa yang enak dan pas. Sayur-sayurannya juga terasa segar yang terdiri dari : ketimun, kacang panjang, taoge, irisan tempe, dan irisan kol. Kuah kacangnya memang sedikit agak cair, namun tetap memiliki rasa yang enak. Sebagai seorang yang tidak suka dengan makanan pedas, satu hal yang agak mengganjal adalah rasanya yang agak pedas. Padahal di aplikasi saya sudah meminta agar gado-gado ini tidak pedas. Namun secara keseluruhan rasa gado-gado ini cukup memuaskan. Gado-gado ini juga dilengkapi dengan kerupuk sehingga menambah kenikmatan ketika di makan.

Mengenai porsi, gado-gado Kedai Kito ini cukup kenyang untuk dinikmati oleh satu orang. Bahkan untuk saya sendiri, saya menyisihkan hingga setengahnya untuk dimakan berdua dengan anggota keluarga. Rasanya yang enak membuat keluarga saya menyukainya. Kapanpun kami ingin mencicipi gado-gado ini, kami bisa memesannya melalui Go-Food.

( PENA/106NF )

Banner Pesen Makan Sekarang