Dilarang Menjerit Makan Mie Setan di Yogyakarta

0
577
Dilarang Menjerit Makan di Mie Setan di Yogyakarta - Foto Oleh Indah Julianti Sibarani

PesenMakan.id, Yogyakarta – Sudah pernah makan enak di Mie Setan, Yogyakarta? Belum sah sebagai pecinta makanan yang berbahan dasar mie ini, jika belum mencoba berbagai olahan mie dari tempat makan di utara Yogya ini.

Di Yogyakarta itu, banyak kuliner yang enak dan harganya murah. Namun, seperti kata peribahasa, patah tumbuh hilang berganti, mati satu tumbuh seribu, kuliner di Kota Gudeg ini pun banyak bermunculan dan hanya yang memiliki keunikan atau memiliki ciri khas tertentu, yang bertahan beroperasi. Seperti Mie Setan ini.

Bukan Mie Ayam Biasa

Mie Setan Jalan Kaliurang, demikian tempat makan enak ini dikenal. Berasal dari Malang, Jawa Timur, dengan nama unik terkesan seram itu, mie asal kota apel ini mencoba peruntungan dengan beroperasi di Yogya. Mengincar para pecinta kuliner bercita rasa pedas dengan berbagai level kepedasan.

Kenapa sih dinamakan Mie Setan? Apa makanan untuk setan? Atau makanan yang disajikan berbentuk setan? Tentu saja tidak. Mie Setan merujuk pada tingkat atau level kepedasan dari berbagai olahan mie. Nggak hanya makanan saja yang diberi nama setan tetapi juga minumannya.

Oh ya, Mie Setan ini tidak sama dengan mie ayam ya. Karena mienya tidak dicampur dengan suwiran atau potongan ayam. Isian atau toppingnya tergantung pesanan kita mau mie seperti apa.

Ini menu olahan mie-nya:

  1. Mie Angel
  2. Mie Setan
  3. Mie Iblis

Untuk minumannya:

  1. Es Genderuwo
  2. Es Tuyul
  3. Es Pocong
  4. Es Kuntilanak
  5. Es Sundel Bolong

Selain menu dengan nama-nama setan, di Mie Setan Kaliurang ada juga makan dan minuman yang tidak berbau setan, seperti Dimsum, Somay, Spring Roll, Udang Keju, Hakau, Lumpia Kulit Tahu dan lainnya.

Dilarang Menjerit Makan di Mie Setan
Dimsus dan Minuman – Foto Oleh Indah Julianti Sibarani

Ingin mencicipi Mie Setan tetapi lokasi tempat makan ini jauh dari rumah atau mager mau pergi?

Jangan seperti orang susah. Gunakan Aplikasi Gojek di Smatphone, lalu pilih Go-Food untuk membeli dan mengantarkan pesan makan siang atau makan malam kita, karena Mie Setan Kaliurang ini buka dari pukul 10.00 sampai pukul 23.00 WIB.

Jangan khawatir juga kalau uang di saku agak mepet, atau ingin makan enak tapi uang cekak. Pergunakan simpanan uang kita di Gopay. Dengan Gopay sekitar 20 ribu atau 30 ribu, sudah bisa memesan satu atau dua jenis mie dan plus ongkos antarnya. Karena rata-rata mie seharga Rp 13.750 per porsi, apa pun level kepedasannya.

Atau jika ingin makan kenyang, tinggal tambahi saja uang tunainya yang diberikan nanti kepada mas driver Go – Foodnya.

Bagaimana rasanya Mie Setan dan minumannya?

Kalau saya sih sukanya Mie Iblis ukuran L dengan cabe rawit 10 biji, sudah bikin lidah berdecak kepedasan.

Mie Setab Cabe Rawit
Mie Setan Cabe Rawit – Foto Oleh Indah Julianti Sibarani

Mie Iblis ukuran L ini, mienya diberi topping daging olahan (smoked beef), pangsit goreng, bawang goreng dan daun bawang (bisa dipesan tidak pakai daun bawang).

Mie Setan Beef Smoke
Mie Setan Beef Smoke – Foto Oleh Indah Julianti Sibarani

Sedangkan Mie Angel, mie tanpa cabe, khusus untuk penyuka mie tapi tidak tahan dengan rasa pedas. Mie Angel ini merupakan mie gurih dengan topping pangsit goreng, pangsit rebus, bawang goreng, dan sayuran (sawi hijau).

Mie Setan Angel
Mie Setan Angel – Foto Oleh Indah Julianti Sibarani

Yang paling favorit di Mie Setan sih yaitu Mie Setan Level 1 sampai level 5 (dengan cabe mulai dari 12 biji sampai 60 biji). Hampir sama dengan Mie Angel dan Mie Iblis, rasa mienya gurih dengan topping daging olahan, pangsit goreng, bawang goreng, daun bawang, tapi ada potongan kecil cabe rawit dalam gelungan mienya.

Bisa dibilang, Mie Setan ini dua kali lebih pedas dari Mie Iblis ukuran L.

Sensasi Genderuwo, Sundel Bolong, dan Tuyul

Tak kalah dengan olahannya mie-nya. Minuman di Mie Setan dengan berbagai nama setan itu, bikin segar tenggorokan setelah dibantai dengan rasa pedas mie. Favorit saya adalah Es Genderuwo, Es Sundel Bolong dan Es Tuyul.

Es Genderuwo itu campuran dari sirup, susu, cincau, nata de coco, jelly mie, jelly buble, peer, kiwi, strawberry dan belimbing. Diberi es, segar dan nikmat saat diminum.

Tidak jauh berbeda dengan es Genderuwo, Es Tuyul berisi campuran sirup, susu, cincau, nata de coco, jelly bubble, kiwi, strawberry dan belimbing. Sedangkan campuran dari Es Sundel Bolong adalah lychee, belimbing, strawberry dan jelly buble.

Bagaimana mau mencoba Mie Setan Level 5 dengan cabe 60 biji? Di Go-Food saja. Nggak merasa capek saat menunggu datangnya pesanannya, nggak bingung cari tempat yang kosong jika tempat makan Mie Setan, penuh dengan pelanggan.

Sudah dikasih enak dengan Go Food, ya dimanfaatin dong ya. Apalagi nih, Go – Food itu sering banget lho mengadakan kerjasama dengan merchant-merchant berupa promo kepada pengguna Go Jek. Belum lagi ada voucher yang bisa dimanfaatkan untuk ongkos antar pesanan.

( PENA/114IJS )

Banner Pesen Makan Sekarang