Daun Lada, Tempat Makan Spesialis Menu Seafood di Surabaya

0
359
Daun Lada Menu Seafood - Foto Oleh Nurul Rahmawati

Pesenmakan.id, Surabaya — Anda pernah dengar nama ikan Papakulu? Barangkali untuk sebagian orang, ikan papakulu termasuk jenis ikan yang asing. Kita tentu lebih akrab dengan ikan kakap, gurami, lele, dan sebagainya. Cobalah sesekali berkunjung ke Restoran Daun Lada. Di sini, kita bisa memesan aneka menu menggugah selera, yang siap disantap untuk makan siang ataupun makan malam. Yap, Daun Lada adalah tempat makan yang menyajikan beragam menu seafood. Ingin kerang? Cumi-cumi? Bahkan ikan jenis apapun, dan diolah dengan bumbu beragam, siap kita nikmati manakala berada di tempat makan ini.

Begitu membuka lembar menu, rasa takjub langsung menyerbu. Waaah, ternyata nama ikan itu buanyaaaak banget! Salah satunya, ya itu tadi, ikan papakulu. Ternyata, bagi para pecinta kuliner serba ikan alias mereka yang doyan makanan yang berjenis seafood, menyantap papakulu semacam wajib hukumnya. Ikan ini kerap ditemukan di Makassar. Biasanya, dimasak dengan saus padang ataupun dibumbu kecap.

Di Daun Lada, ikan papakulu diolah dengan teknik mengasapi. Lebih tepatnya, kita bakal menikmati menu makanan khas Makassar ini, setelah ikan papakulu diasapi dengan batok kelapa.

Daun Lada, Tempat Makan Spesialis Menu Seafood di Surabaya
Ikan papakulu dengan teknis mengasapi – Foto Oleh Nurul Rahmawati

Ketika tersaji di hadapan kita, ikan papakulu ini bentuknya kurang menarik ya. Pucat, abu-abu rada kehitaman, intinya kurang membangkitkan selera makan. Tapi slogan “Don’t Judge a Book by its cover” berlaku di sini. Jangan menilai ikan papakulu dari tampilannya doang. Karena begitu kita cicipi, oh Tuhan, rasanya… Sungguh nikmat!

Cita rasa ikan papakulu sebenarnya sudah gurih. Ini dikarenakan kadar garam dalam ikan tersebut yang cukup tinggi. Tatkala masuk ke dalam mulut, tekstur ikan papakulu ini cenderung kenyal dan empuk. Lihatlah sisik ikan yang tampak gahar dan keras! Ternyata itu ada fungsinya, lho, yaitu bisa melindungi kebersihan daging ikan papakulu.

Pantas! Luarnya kelihatan tidak menarik. Tapi rasanya…..JUARA!

Ketika diasapi, Chef tidak menambahkan bumbu apapun, karena daging ikannya sudah gurih. Sebagai pendamping untuk makan, kita bisa cocolkan ikan papakulu ini ke sambal yang disiapkan tim Daun Lada restaurant. Ada sambal bawang, sambal dabu-dabu, kecap, dan bawang goreng. Semuanya enak dan super recommended! Apalagi ikan ini mengandung kadar protein yang bagus untuk kebutuhan nutrisi kita dan buah hati. Must try!

Menu Daun Lada yang Tidak Kalah Enak

Selain ikan papakulu, saya juga terpukau dengan Cumi Salad Mangga yang jadi menu andalan restoran ini. Cumi diolah dengan tepung krispi, sangat renyah, dengan sensasi gurih sedap. Lalu disiram dengan topping salad manga, yang asem asem seger, whoaaaaa keduanya berpadu dengan paripuna dan “kawin banget” manakala kita kunyah. Cumi-cuminya sama sekali tidak alot. Tetap ada tekstur cumi-cumi, namun sangat ramah untuk diproses dalam organ mulut.

Daun Lada, Tempat Makan Spesialis Menu Seafood di Surabaya
Cumi Salad mangga – Foto Oleh Nurul Rahmawati

Daun Lada Restaurant berlokasi di sejumlah mall besar di Surabaya. Tidak sedikit kaum professional/ pekerja kantoran yang menjadikan restoran ini sebagai pilihan ketika istirahat makan siang. Pertanyaan “Makan Apa Kita Hari Ini?” mudah terjawab apabila kita mendatangi resto ini dan memilih aneka hidangan yang ada di buku menu.

Untuk keluargapun, restoran ini juga OK. Interiornya mengingatkan saya pada laut yang biru. Adem. Teduh. Menenangkan. Banyak spot instagrammable, sehingga anak muda pun bisa meet up ataupun nongkrong sembari menikmati hidangan serba seafood yang penuh gizi dengan harga relatif ramah di kantong. Kalau dibandingkan dengan restoran seafood lain di Surabaya, sudah tentu Daun Lada masuk kategori tempat makan dengan harga yang masih masuk budget kantong kelas menengah.

Daun Lada Restaurant Bisa Dipesan Melalui Go Food

Kabar menggembirakan untuk kita semua, Daun Lada menjadi salah satu partner Go Food yang bisa kita andalkan. Banyak promo diskon yang super duper menarik! Misalnya menu olahan cumi-cumi. Kalau beli offline dibanderol 45 ribu/porsi. Sementara apabila melakukan order/ pemesanan via Go Food kita bisa tebus dengan harga 30 ribu rupiah saja! Cukup klik aplikasinya, cari merchant Daun Lada, duduk manis di rumah atau kantor. Makanan yang lezat bergizi ini siap dikirim!

Saya selalu mengandalkan Go Food untuk memesan menu dari berbagai tempat makan. Banyak UKM lokal yang diberdayakan oleh Go Food, sehingga masyarakat semakin mudah untuk memesan aneka menu, tanpa harus beranjak dari tempat duduk.

Yuk, kita makan ikan, karena kata Bu Susi Pudjiastuti (dalam versi meme, tentu saja), “Yang tidak suka makan ikan, TENGGELAMKAN!!” (*)

( PENA/93NR )

Banner Pesen Makan Sekarang