Coto Daeng, Makanan Khas Makassar Juga ada di Surabaya, Lho!

0
458
Coto Daeng, Makanan Khas Makassar Juga ada di Surabaya, Lho!
Coto Daeng dan Es Pisang ijo - Foto Oleh Rahmah

Pesenmakan.id SurabayaCoto Daeng, Makanan Khas Makassar Juga ada di Surabaya, Lho! Terlahir dengan darah asli Bugis-Makassar, membuat saya selalu cinta dengan makanan khas-nya. Sejak kecil lidah saya sudah familiar dengan cita rasa masakan Bugis-Makassar yang ternyata beberapa diantaranya sudah mendunia. Namun, bagaimana kemudian jika berada di sebuah kota yang jauh dari kampung halaman? Apakah makanan khas tersebut menjadi sesuatu yang terlupakan?

Oh, tentu tidak! Meskipun saya berada jauh dari kampung halaman dan orang tua, saya bisa dengan mudah menemukan makanan khas di Surabaya tersebut hanya dengan ponsel saya. Meskipun harga memang tidak bisa bohong ketika sebuah makanan yang populer di Makassar, kemudian dijual di kota Surabaya ini, misalnya. Namun, hal tersebut tidak membuat saya lantas menjauh atau bahkan tidak ingin lagi mengkonsumsi makanan Bugis-Makassar.

Makanan Khas Coto Makassar di Surabaya

Ketika awal-awal berada di kota pahlawan, Surabaya, mencari masakan khas Makassar memang terbilang sulit. Mengapa? Karena belum begitu paham daerah di Surabaya. Pun belum mengenal aplikasi kuliner yang bisa mengetahui titik mana saja yang menjual makanan dan minuman enak di Surabaya. Hingga suatu hari menemukan menu Coto Makassar tetapi rasanya sungguh sangat jauh berbeda. Sejak saat itu saya berharap bisa segera menemukan merchant yang menjajakan makanan khas kampung halaman saya ini.

 Coto Daeng, Makanan Khas Makassar Juga ada di Surabaya, Lho!
Coto Makassar – Foto oleh Rahmah

Harapan pun terwujud. Seiring dengan perjalanannya waktu, saya pun menemukan merchant yang menjual makanan khas Coto Makassar di Surabaya dengan rasa pas dan bikin nagih. Ada banyak sebenarnya dan salah satu yang recommended adalah Coto Daeng, Genteng Surabaya. Sebuah tempat makan enak di Surabaya untuk menu Makassar dengan harga yang worth it. Lokasinya lagi-lagi tidak begitu jauh dari tempat tinggal saya sehingga datang langsung bisa, meskipun akhirnya ketika mager, memesan makanan dengan delivery order pun jadi solusi.

Recommended Menu di Coto Daeng

Menemukan Coto Daeng dengan cita rasa yang pas di lidah asli Bugis-Makassar di dalam tubuh saya memang seperti oase di padang pasir. Tidak perlu lagi menangis ketika menelepon mama di kampung karena rindu masakan khas Makassar. Sekarang sudah bisa ditemukan di Coto Daeng bahkan dengan ragam menu pendamping lainnya yang juga khas di Kota Daeng, Makassar.

 Coto Daeng, Makanan Khas Makassar Juga ada di Surabaya, Lho!
Es Pisang Ijo – Foto Oleh Rahmah

Menu rekomendasi sebagai makanan yang populer di Coto Daeng ada 5 (lima) dan menjadi best seller. Sebagai anak Bugis-Makassar, kelima menu rekomendasi tersebut memang pantas karena siapa pun yang sedang melancong ke Makassar, pasti mencari salah satu dari kelima kuliner tersebut. 5 (lima) menu rekomendasi Coto Daeng adalah:

  1. Es Palu Butung
  2. Coto Makassar
  3. Es Pisang Ijo
  4. Konro Bakar
  5. Sop Konro

Dan dari kelima menu di atas, saya memilih memesan Coto Makassar dan Es Pisang Ijo. Perpaduan menu yang sungguh mengenyangkan dan pastinya membuat lidah saya benar-benar memuaskan rindu akan kampung halaman.

Komposisi Coto Makassar dan Es Pisang Ijo, Bikin Gagal Diet

 Coto Daeng, Makanan Khas Makassar Juga ada di Surabaya, Lho!
Coto Makassar – Foto Oleh Rahmah

Coto Makassar yang merupakan makanan dengan kuah kacang dan irisan daging sapi (bisa juga dengan jeroan sapi jika mau) dan rempah-rempah dengan baunya yang khas, membuat makanan ini enak disantap dengan Ketupat atau Nasi Putih. Satu porsi Coto Makassar Daeng plus 2 buah ketupat, sudah membuat makan siang saya menjadi bermakna. Racikan tangan merchant Coto Daeng menurut saya sudah pas dengan aslinya. Ya, memang karena yang jual pun orang asli suku Makassar.

 Coto Daeng, Makanan Khas Makassar Juga ada di Surabaya, Lho!
Es Pisang Ijo Coto Daeng – Foto Oleh Rahmah

Ditutup dengan menikmati semangkuk Es Pisang Ijo, benar-benar kenikmatan yang sepadan dengan harganya. Es Pisang Ijo ini merupakan makanan dessert yang dibuat dari pisang dibungkus atau dibaluri adonan tepung berwarna hijau, kemudian disajikan dengan bubur santan berwarna putih dan siraman sirup berwarna merah yang dikenal dengan DHT. Sirup ini pun khas dari Makassar. Sayangnya, ukuran pisangnya memang terbilang kecil, namun cocoklah dengan harganya. Dan saya berani mengatakan kalau Coto Daeng ini bisa jadi tempat makan enak di Surabaya untuk menu khas Makassar.

Jangan khawatir soal diet, karena menikmati Coto Makassar dan Es Pisang Ijo akan membawa kita untuk kompak mengatakan: Diet? Besok Saja! Hahaha

Pesan Coto Daeng via GO FOOD Bayarnya GOPAY

Kemudahan menikmati Coto Makassar yang dijual oleh merchant Coto Daeng, Genteng-Surabaya ini semakin membuat saya bahagia. Sebab, bisa dipesan via delivery order GO FOOD dan bayarnya pun bisa dengan GOPAY. Bagi manusia yang anti ribet seperti saya, membayar makanan tanpa harus bingung menyiapkan cash bisa menghemat waktu sekian menit.

Bahkan kini dengan top up GOPAY yang hanya Oneklik saja, makin membuat saya benar-benar percaya bahwa kemajuan teknologi sangat mengerti kebutuhan manusia saat ini. Apalagi jika menemukan banyak promo dari GO FOOD, pastinya memesan makanan bisa dilakukan kapan saja dimana saja sesuai dengan syarat dan ketentuan merchant juga.

So, kamu sudah coba Coto Makassar dan Es Pisang Ijo?

( PENA/R )

Banner Pesen Makan Sekarang