Butuh Rekomendasi Makan Siang di Surabaya? Coba Nasi Kuning Depot Langgeng Jaya

0
310
nasi kuning ayam depot langgeng jaya
Nasi Kuning Ayam - Foto oleh Swastikha Maulidya Mulyana

Pesenmakan.id, Surabaya – Butuh rekomendasi makan siang di Surabaya? Ya, salah satunya adalah nasi kuning di Depot Langgeng Jaya. Kamu bisa menikmati makanan khas Jawa dengan cita rasa yang berbeda. Jangan heran, nasi kuning dapat kamu jumpai atau disantap untuk makan siang lho.

Cerita Singkat Tentang Nasi Kuning

Saking kreatifnya orang Indonesia, beras yang merupakan bahan pokok bisa diolah mejadi beragam menu makanan yang lezat, sebut saja nasi kuning. Nasi yang berwarna kuning ini merupakan beras yang dimasak dengan santan, kunyit dan rempah-rempah lainnya. Aneka bumbu dan santan membuat rasa nasi kuning lebih gurih dari nasi putih biasa. Tidak ada yang tahu pasti di mana kali pertama nasi kuning itu berawal, rasanya di beberapa daerah di luar Jawa juga memiliki Nasi Kuning sebagai makanan khasnya seperti Banjar, Menado, dan beberapa daerah lainnya.

Dalam tradisi budaya Jawa, nasi kuning erat dengan sebuah perayaan. Nasi kuning melambangkan gunung emas yang memiliki makna kemakmuran, kekayaan serta moral yang luhur. Itulah kenapa nasi kuning sering disajikan dalam acara perayaan seperti kelahiran, pernikahan dan syukuran. Untuk perayaan-perayaan besar, nasi kuning kerap kali dibuat tumpeng/gunungan nasi yang lengkap dengan lauk pauknya. Biasanya nasi kuning dihidangkan dengan beberapa lauk pauk seperti ayam, telur, perkedel kentang, dan beberapa bahan pelengkap lainnya.

Untuk menikmati nasi kuning, tidak harus menunggu namanya perayaan. Sekarang ini sudah banyak pedagang makanan yang memasukkan nasi kuning ke dalam menu mereka. Di Surabaya sendiri ada banyak pedagang penjual nasi kuning, dari ala rumahan sampai berupa restoran atau depot. Jika ada yang ingin sarapan atau makan siang dengan nasi kuning, bisa aja.

Depot Langgeng Jaya

Salah satu tempat makan yang tersohor dengan menu nasi kuningnya adalah Depot Langgeng Jaya. Terletak di kawasan Jalan Darmahusada, Surabaya. Menurut hasil penulusuran kami di berbagai media sosial, ulasan dari kanal-kanal makanan, banyak dari mereka yang menyarankan menu nasi kuning dari Depot Langgeng Jaya ini.

Demi memuaskan rasa penasaran kami akan nasi kuning dari Depot Langgeng Jaya, kami pun memutuskan memesan menu andalan dari tempat makan ini yaitu Nasi Kuning Ayam dan Nasi Pecel Ayam.

Tak berapa lama, menu yang kami pesan datang.

Nasi Kuning Ayam

depot langgeng jaya surabaya
Foto oleh Swastikha Maulidya Mulyana

Pesanan pertama adalah Nasi Kuning Ayam yang begitu dibuka kemasannya menguarkan aroma gurih santan dan rempah-rempah, harum khas nasi kuning. Nasi kuning ini terdiri dari 2 potong ayam goreng, 1 perkedel kentang, irisan telur dadar, sambal goreng hati, kering kentang dan abon daging.

Warna nasi kuningnya cantik, bukan kuning menyala atau pucat. Ukuran porsi nasinya cukup terbilang banyak. Bicara soal tekstur, nasinya agak sedikit kering di luar tapi tidak keras. Punel dan tidak berair. Rasa gurih santannya terasa berpadu dengan rempah-rempah menghasilkan rasa yang pas, tidak ada yang saling dominan.

Sekarang kita fokus ke lauknya. Ukuran dagingnya ayam sedang, teksturnya empuk dan gurih. Saat dimakan bersama nasi kuning terasa lebih enak apalagi ditambah irisan telur dadar yang semakin membuat nikmat. Rasa sambal goreng hatinya sedikit pedas tapi bukan pedas yang menggigit. Kalau suka makanan yang sedikit bercita rasa manis, coba tambahkan kering kentang dan abon daging. Dijamin makin nikmat karena perpaduan rasa gurih, manis dan pedas berbaur jadi satu. Ternyata kabar soal menu nasi kuningnya yang enak itu benar.

Nasi Pecel Ayam

nasi pecel ayam depot langgeng jaya
Nasi Pecel Ayam – Foto oleh Swastikha Maulidya Mulyana

Beranjak ke pesanan yang kedua yaitu Nasi Pecel Ayam yang terdiri satu potong ayam, 1 perkedel/bakwan jagung, serundeng, kering tempe, sayur-mayur, peyek dan tentu bumbu pecel.

Sepertinya tekstur nasi yang terlihat sedikit ini sepertinya sudah menjadi ciri khas dari Depot langgeng Jaya ini karena tekstur nasi di nasi pecel Ayam ini sama, sedikit kering di luar, punel dan nggak basah. Rasa lauk ayam gorengnya samalah dengan nasi kuning. Hanya saja digorengnya tidak terlalu kering.

Rasa bakwan jagungnya standar. Yang paling saya suka adalah tekstur sayur yaitu kecambah dan bayamnya yang masih crunchy dan terdengar bunyi kres saat dikunyah. Rasa bumbu pecelnya perpaduan antara manis, asin dan pedas. Bagi yang nggak terlalu suka pedas, rasa sambal pecelnya terasa menggigit tapi kalau kamu penyuka pedas, sambal pecelnya akan terasa kurang pedas.

Kehadiran serundeng alias kelapa kering dan kering tempe dengan sentuhan rasa manis menimbulkan rasa manis, asin, gurih dan pedas dalam satu kesatuan. Eit jangan lupa peyek terinya yang renyah dan gurih. Nikmat.

Pesen Nasi Kuning Lebih Mudah

Selain menu nasi kuning sebagai primadonanya, Depot Langgeng juga menyediakan aneka menu lain seperti: Soto Aceh, Bakso Penyet, Gado-Gado, dll.

Oh iya, sebagai tambahan informasi, Depot Langgeng Jaya ini buka selama 24 jam. Buat yang kelaparan malam-malam, bisa langsung datang ke sini atau bisa menggunakan layanan Go-Food yang mudah sekali.

Dua menu nasi kuning dan nasi pecel ayam ini kebetulan lagi promo di Go-Food cuman sekitar 38 ribu aja (belum termasuk ongkir ya). Murah, kan? Selain dua menu tadi, juga ada menu lainnya yang lagi promo.

Saat ingin memesan melalui Go-Food, tinggal masukkan Depot Langgeng Jaya ke lambang pencarian, tunggu beberapa saat. Lalu, klik Depot Langgeng Jaya dan akan muncul aneka menu yang bisa dipilih sesuai keinginan. Klik tambah pada masing-masing menu yang akan dipilih. Setelah selesai, klik order dan kamu akan mendapatkan rincian harga dari pesanan. Klik bayar dan pengendara Go Food akan segera memesan makanan. (Pena/94SMM)

Banner Pesen Makan Sekarang