Cobain Burung Bakar dan Bebek Goreng di Restoran Abah Gembul

0
139
Cobain Burung Bakar dan Bebek Goreng di Restoran Abah Gembul
Burung Bakar dan Bebek Goreng - Foto Oleh Firsty Ukhti Molyndi

Pesenmakan.id Palembang – Salah satu makanan yang populer bagi semua kalangan usia ialah ayam gepuk. Beberapa waktu lalu, penganan sejuta ummat ini begitu viral di channel Youtube. Banyak foodie vlogger yang ketagihan mencoba makan di Abah Gembul.

Sebenarnya ayam gepuk ini hanyalah ayam goreng biasa. Namun proses pembuatannya dilakukan dengan cara digepuk-gepuk (dipukul-pukul) terlebih dahulu, baru kemudian digoreng. Tujuannya agar ayam menjadi lebih empuk dan bumbunya meresap. Saat menyantap ayam gepuk, disajikan pula tambahan lain yang unik yaitu sambal bawang super pedas dan kol goreng. Itulah mengapa sajian ini begitu hits dan populer. Cara menyantapnya agak sedikit berbeda dari kuliner ayam goreng lainnya.

SIAP-SIAP JADI GEMBUL KARENA MAKAN ENAK

Di Kota Palembang, ada begitu banyak restoran ayam gepuk. Salah satunya ialah Restoran Abah Gembul. Mereka tidak hanya menjual ayam gepuk goreng, tapi juga ada menu ayam bakar madu. Selain itu, ada pula menu bebek dan burung gepuk. Untuk minumannya, kalian bisa memesan milkshake aneka rasa dan minuman standar lainnya dengan harga yang terjangkau.

Bicara soal ayam, hmm.. sepertinya sudah terlalu biasa ya. Maka dari itu, aku lebih memilih untuk mencoba varian bebek dan burung gepuknya. Menunya kupilih burung gepuk bakar madu dan bebek gepuk goreng.

Cobain Burung Bakar dan Bebek Goreng di Restoran Abah Gembul
Burung Bakar dan Bebek Goreng – Foto Oleh Firsty Ukhti Molyndi

Aku sengaja tidak memilih paketan yang ada nasi. Melainkan menu ala carte alias bebek dan burungnya saja. Satu porsi burung gepuk bakar madu tanpa nasi dihargai Rp. 23.000, sementara itu untuk bebek gepuk goreng harganya Rp. 22.000 saja. Sebagai pelengkap aku memesan kol goreng yang terkenal itu. Harga per porsinya Rp. 6.000.

MENU BEBEK DAN BURUNG GEPUK YANG ISTIMEWA

Kukira tadinya makanan di sini biasa saja. Namun begitu menunya datang ternyata ada yang berbeda. Dalam satu menu ala carte, disediakan lalapan dan sambal bawang yang pedas. Bebek gorengnya kering, terasa garing hingga ke tulangnya. Dagingnya empuk, dan tak berbau amis. Ukuran bebek goreng lebih besar daripada burung bakar. Aku memilih bagian dada, supaya dapat potongan yang besar.

Cobain Burung Bakar dan Bebek Goreng di Restoran Abah Gembul
Bebek Goreng – Foto Oleh Firsty Ukhti Molyndi

Sementara itu, burung goreng Abah Gembul sangat kriuk. Disini burungnya digoreng terlebih dahulu sebelum dibakar. Sama seperti bebek gepuknya tadi, saking garingnya tulangnya bisa dimakan. Bumbu bakarannya gurih, dan berwarna coklat kehitaman. Walau dari luar penampilannya terlihat tidak menarik, tapi burung bakar madu ini layak dipilih. Tulangnya garing, tapi dagingnya masih juicy dan empuk. Sambal bawangnya menurutku kurang banyak, tetapi sudah cukup pedas di lidah. Jadi sedikit saja dicocol rasanya sudah pedas.

Cobain Burung Bakar dan Bebek Goreng di Restoran Abah Gembul
Burung Bakar – Foto Oleh Firsty Ukhti Molyndi

KETAGIHAN MAKAN KOL GORENG

Cobain Burung Bakar dan Bebek Goreng di Restoran Abah Gembul
Kol Goreng – Foto Oleh Firsty Ukhti Molyndi

Makan olahan gepuk, tak lengkap tanpa kol goreng. Sajian kol goreng disini bikin ketagihan, pastinya cocok dimakan bareng Bebek Goreng Abah Gembul. Terasa kriuk-kriuk dan sensasi bau gosongnya betul-betul menggoyang lidah. Satu porsi rasanya masih kurang.

Apalagi kalau dicocol pakai sambal bawang, wah betul-betul lezat rasanya. Kalau kalian kebetulan sedang mencoba makan di restoran ayam gepuk seperti ini, kurekomendasikan untuk nggak melewatkan mencicipi kol goreng. Pelengkap yang satu ini sangat pas untuk dimakan bersama olahan gepuk.

PEMESANAN YANG PRAKTIS DAN MUDAH

Oh iya, restoran Abah Gembul sudah tersedia di aplikasi Go Food. Bagi kalian yang ingin merasakan kelezatannya, langsung capcus via aplikasi Go Food di smartphonemu. Dapatkan potongan diskon ongkir jika kita memesan pada jam makan siang menggunakan Go Pay. Selain itu, kalian juga bisa menemukan tempat makan enak lainnya di Palembang. Caranya mudah dan menyenangkan dalam mengorder makanan dan minuman bagi kalian yang nggak mau ribet. Hanya tinggal klik ini dan itu, lalu tinggal tunggu makananmu datang.

( PENA/FUM )

 

Banner Pesen Makan Sekarang