BPK Ola Kisat Cemara Asri – Rajanya Babi Panggang di Medan

0
625

Pesenmakan.id, Medan — Apa yang terlintas di kepala setiap orang ketika berkunjung ke Medan? Makan. Bagi pemburu kuliner, kunjungan ke kota Medan wajib hukumnya untuk mencicipi makanan khas kota yang dikenal dengan gudangnya makanan enak ini. Katanya, hanya ada dua jenis makanan di Kota Medan. Pertama, enak. Kedua, enak sekali.

OLAKISAT, Babi Panggang khas Karo yang melegenda

Salah satu tempat makan yang wajib didatangi jika kalian datang ke kota ini khususnya bagi penggemar makanan non halal adalah BPK Ola Kisat Cemara Asri. Siapa yang tidak kenal dengan nama Olakisat? Tempat makan yang menjual makanan khas Karo ini sudah menjadi legend di kota Medan. Seingat saya, sejak saya duduk di bangku Sekolah Dasar, Olakisat adalah salah satu tempat makan yang menjual menu Babi Panggang Karo yang terbaik di Medan.

babi panggang karo merah dari bpk ola kisat cemara asri
BPK Merah – Foto oleh Sarah

Berjualan sejak puluhan tahun lalu, BPK Olakisat adalah salah satu menu yang menjadi referensi bagi saya ketika sedang bingung mau makan apa. Pernah suatu malam ketika perut saya keroncongan dan saya memutuskan untuk memesan 1 porsi besar Babi Panggang dan seperempat porsi Samcan Panggang via Go-Food.

Dalam perjalanan driver Go-Food ke rumah saya, dalam pikiran saya sudah membayangkan daging babi panggang Olakisat yang lezat itu. Tak perlu lama menunggu, sembari saya berangan-angan, pesanan saya sudah tiba. Dalam satu kantong plastik yang diantar oleh si driver terdapat lima bungkusan. Terdiri dari 2 bungkus sup tanpa isi (hanya sup saja tidak ada isian berupa daging), satu bungkus samcan panggang, satu bungkus BPK, dan satu bungkus daun ubi cincang khas Karo.

Seperti ekspektasi, daging babi panggang yang saya pesan memang saya request untuk lebih banyak merahnya (dagingnya lebih banyak dari lemaknya). Bentuk daging sederhana seperti daging panggang pada umumnya. Yang membedakannya adalah ketika disuapkan ke mulut maka akan terasa nikmatnya. Daging babi diiris tipis, dipanggang dengan tidak terlalu dekat ke api sehingga ketika digigit masih terasa juicy, tidak keras, serta terasa smoky. Asap yang dihasilkan dari proses pemanggangan daging membuat rasa semakin nikmat.

samcan dari bpk ola kisat cemara asri
Samcan – Foto oleh Sarah

Rasa yang sama saya dapatkan pada samcan panggangnya juga. Samcan ini adalah daging pada bagian perut atau biasa dikenal sebagai pork belly. Sehingga, komposisi daging yang lebih sedikit dan lemak yang lebih banyak. Tapi, di Olakisat, samcan panggang ini bikin nagih karena bagi saya yang bukan penggemar lemak, menggigit samcan seperti menggigit daging tapi dengan tekstur yang sedikit kenyal namun gampang dikunyah.

Sambal BPK Olakisat yang Khas

Bagian terbaik dari BPK Olakisat adalah sambalnya. Sambal cabai ijo dengan andaliman yang harumnya sudah bisa kita kenal dari sejak bungkusan dibuka. Ada juga bumbu khas yang terbuat dari darah yang dicampur dengan berbagai rempah khas Karo. Saya tidak biasa memakan bumbu darah tersebut maka ketika bungkusan bumbu darah dengan sambal ijo-nya dipisah alangkah bahagianya hati ini.

daun ubi cincang dari bpk ola kisat cemara asri
Daun ubi cincang – Foto oleh Sarah

Tak ketinggalan yang khas dari setiap tempat makan yang menjual menu babi panggang adalah tumis daun ubi yang dicincang dengan kecombrang. Ini juga makanan yang paling saya suka. Pasalnya, daun ubi muda ditumis kering, tidak terlalu asin, ditambah lagi dengan aroma kecombrang rasanya semakin nikmat ketika semua kombinasi itu berada pada satu piring nasi hangat ditambah dengan sup yang juga masih hangat. Ah, pecah!

Pesan BPK Olakisat Cemara Asri bisa lewat GO-FOOD

Saya senang ketika BPK Olakisat Cemara Asri sekarang ada di Go-Food. Tinggal ambil HP, pilih menu, klik, pesan. Bayarnya pun cukup gampang. Bagi saya yang jarang mengantongi uang cash, pembayaran bisa lewat saldo Go-Pay. Pun, pesanan bisa kita atur sedemikian sesuai dengan keinginan. Mau makan siang atau pun makan malam dengan BPK Olakisat saya tidak perlu jauh-jauh pergi ke tempat makan tersebut karena saya cukup memesan dari aplikasi Go-Food di HP.

Setelah ada Go-Food, saya jadi jarang meninggalkan ruangan kerja atau rumah. Apalagi sekarang menu di Go-Food juga lengkap dan jika bingung mau memesan menu apa, ada referensi menu best seller yang sudah pasti menjadi menu favorit semua umat. Seperti saya yang memesan BPK Olakisat Cemara Asri. Pada bagian pertama menu sudah dilampirkan yang merupakan best seller merchant tersebut. Sehingga saya tidak terlalu repot harus scroll down untuk melihat menu yang lain. Karena memang saya sering memesan menu yang saya sebutkan tadi di Olakisat.

Beberapa kali saya memesan makanan melalui Go-Food datangnya selalu tepat waktu. Pesanan datang sesuai dengan apa yang sudah saya buat di menu termasuk catatan tambahannya. Yang paling asyik adalah, jika menu tersebut habis, si driver akan menghubungi kita untuk diganti dengan menu yang lain. Tak jarang saya ditawarkan menu rekomendasi lain dari pihak merchant yang belum pernah saya cicipi eh ternyata enak juga dan pesanan kedua kali biasanya saya memesan menu yang direkomendasikan tadi. (Pena/112S)

Banner Pesen Makan Sekarang