Bingke, Kue Khas Pontianak yang Ngangenin

0
277
Bingke, Kue Khas Pontianak yang Ngangenin
Kue Bingke - Foto Oleh Agustinus Bertolomeus Eko Dony Prayudi

Pesenmakan.id PontianakBingke, makanan rekomendasi yang enak di Pontianak. Salah satu makanan khas yang selalu jadi buah tangan saat mampir ke kota Pontianak. Makanan yang selalu muncul bagai jamur di musim hujan saat puasa karena tagline “berbuka dengan yang manis”. Rasanya yang legit mampu memperbaiki keadaan mood yang sedang buruk. Dulu kue ini susah ditemukan karena kue harus dipanggang dari bagian atas dan bawah menggunakan arang dan butuh ketelatenan tingkat tinggi untuk mematangkannya. Paling tidak butuh waktu satu jam agar kue bingke siap disantap.

Baca Juga : Mie Sagu KITE, Nikmat Asli Khas Pontianak

Kue Bingke, Kudapan Legit dari Pontianak

Bingke, Kue Khas Pontianak yang Ngangenin
Kue Bingke – Foto Oleh Agustinus Bertolomeus Eko Dony Prayudi

Kue bingke (ada juga yang menyebut bingka) adalah panganan khas kota Pontianak yang terbuat dari campuran telur, santan, sedikit terigu dan gula pasir. Ada kue bingke yang dipanggang, ada pula dikukus yang dinamakan bingke berandam. Umumnya bingke dicetak bentuk daun semanggi berkelopak enam, tetapi ada juga yang berbentuk bundar. Warnanya pun beragam, mulai dari kuning, kuning kecokelatan atau hijau. Kini, variannya beragam, tidak hanya original. Ada bingke tapai, kentang, labu, pandan, nangka, kelapa muda, cokelah hingga keju. Jadi, Anda pun dapat memilih sesuai selera untuk dijadikan oleh-oleh. Dari banyak jenis kue bingke yang lumayan punya nama adalah bingke berendam namun sayang untuk ketahanannya tidak terlalu lama akibat penganan yang gampang hancur dan “basah” tapi untuk masalah rasa, inilah juaranya.

Bingke Hijrah, Spesial dengan Aloe Vera

Bingke, Kue Khas Pontianak yang Ngangenin
Kue Bingke – Foto Oleh Agustinus Bertolomeus Eko Dony Prayudi

Oleh oleh kuliner khas Pontianak yang saya mau makan adalah Kue Bingke Hijrah. Sudah beberapa kali memakannya dan tidak pernah bosan. Bingke Hijrah ini punya kelebihan karena menggunakan aloe vera (lidah buaya) yang juga menjadi ciri khas kota Pontianak. Dibuat oleh Hj Zainah H.A Kadir dan bisa didapatkan di Artadean’s di Jalan Purnama 2, Gg Nurul Hasanah No 6 no telepo 0819 1818 0018. Ukurannya lumayan besar 400gr. Cukup untuk 6 orang jadi bisa untuk cemilan saat arisan, kalau saya bisa untuk ngopi pagi dan sore sendirian.

Mengapa susah move on dari Bingke Hijrah? rasanya yang legit dan manis berpadu dengan citarasa gurih. Apalagi jika dinikmati dengan kopi hangat. Sensasi teksturnya yang lembut dengan aroma vanili memang membuat mulut susah diajak kompromi untuk berhenti. Apalagi didalam adonan Bingke ini ada aloe vera yang sangat baik bagi kesehatan. Lidah buaya ini juga memiliki zat seperti aloemodyne dan allomitin yang membantu menyembuhkan jaringan dalam kasus gastritis, borok dan asam berlebihan. Sifat pencaharnya ideal untuk perbaikan gerakan usus dalam hal sembelit. Sedangkan sifat antiviral dan antibakterinya membantu mengurangi risiko menderita infeksi usus. Efek anti-inflamasi pada lidah buaya melawan gangguan pencernaan dan rasa begah. Terakhir, ia juga membantu flora mikroba di usus. Seiring berjalannya waktu, hal itu menurunkan produksi gas.

Bingke, Kue Khas Pontianak yang Ngangenin
Kue Bingke – Foto Oleh Agustinus Bertolomeus Eko Dony Prayudi

Baca Juga : Bakso Ikan Anggrek, Makanan Enak di Pontianak

Malas Keluar Rumah? GoFood Aja

Selain mendapat kenikmatan, rasa puas dan kebahagiaan kita dapat manfaat lebih dari Bingke Hijrah ini. Saya sendiri jarang banget dateng langsung ke lokasi jualan. Biasanya pesan di GoFood aja. Gampang, murah dan makanan langsung dateng ke rumah tanpa repot. Pesannya bagaimana?

Jalankan aplikasi Go-Jek di smartphone saat butuh Bingke ini, kemudian tap menu Go-Food.

Ketik Bingke disebelah gambar kaca pembesar, selanjutnya tap gambar kaca pembesar atau tap menu Near Me yang akan menampilkan sejumlah pilihan penjual makanan yang lokasinya dekat dengan kamu jika memilih makanan lain atau bingung mau makan apa.

Langsung cek Menu yang diinginkan, Bingke Hijrah punya beberapa pilihan menu dan ukuran bingke. Pilih yang disuka ya!

Tap tombol Add untuk menambahkan makanan pesanan. Jika sudah, tap tombol paling bawah: Estimated price. Nanti ada muncul total makanan plus harga ongkos kirim.

Selanjutnya cek kembali pesanan kembali, pastikan jumlah barang dan uang yang dibayar sudah benar.

Selanjutnya, tinggal menunggu pesanan tiba di rumah. Untuk metode pembayarannya, silahkan pilih sesuai dengan preferensi masing-masing. Bisa dengan deposit menggunakan GoPay atau tunai. Kalau aku sukanya GoPay dong, gampang dan mudah.

Jangan lupa setelah makanan datang beri bintang drivernya sesuai dengan pelayanan yang diberikan.

Belum Ke Pontianak kalau Belum Makan Bingke

Bingke, Kue Khas Pontianak yang Ngangenin
Kue Bingke – Foto Oleh Agustinus Bertolomeus Eko Dony Prayudi

Kue bingke merupakan Kuliner khas Pontianak yang rasanya manis dan lezat. Sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke Pontianak untuk memburu kue bingke yang manis ini. Bahkan penduduk luar kota dan luar negeri juga menyukai kue khas Pontianak, karena rasanya yang lezat. Kue bingke khas Pontianak juga memiliki banyak varian rasa, seperti rasa original, Bingke Berendam, susu, kentang, ubi rambat, pisang, kacang ijo, super, jagung, durian, labu, tela, keju, nangka, coklat, pandan, asin, labu bahkan citarasa yang gurih dan asin. Yang penting saat ingin makan Bingke Hijrah, saya ngga perlu repot. Tinggal buka aplikasi GoFood, pesan, bayar dan makanan sudah bisa dinikmati dirumah. Makan enak bisa dimana saja.

( PENA/ABEDP )

Banner Pesen Makan Sekarang