Beragam Makanan Khas di Bandung. Sudah Coba Mie Aceh Seulawah?

0
170
Beragam Makanan Khas di Bandung. Sudah Coba Mie Aceh Seulawah?
Mie Aceh Seulawah - Foto Oleh Triani Retno A

Pesenmakan.id Bandung – Ada beragam makanan khas di Bandung untuk memanjakan para pencinta kuliner yang mencari tempat makan enak di Bandung. Dari yang memang makanan khas Bandung hingga makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia.

Nggak heran, sih. Bandung kan kota besar. Penduduknya berasal dari berbagai latar belakang. Wajar aja kalau makanan khas di Bandung sangat bervariasi. Surga kuliner banget, deh.

Mie Aceh Seulawah

Salah satu makanan khas daerah yang ada di Bandung adalah Mie Aceh Seulawah. Berlokasi di Jl. Pacuan Kuda 1 No. 22B, Sukamiskin, Arcamanik, Bandung.

Merchant ini menjual beraneka makanan khas Aceh, seperti mie Aceh, martabak Aceh, dan roti cane. Makanan yang populer dan menjadi andalannya udah kelihatan kan ya dari namanya? Iyes, mie Aceh.

Pesan Apa di Mie Aceh Seulawah?

Beragam Makanan Khas di Bandung. Sudah Coba Mie Aceh Seulawah?
Mie Aceh – Foto Oleh Triani Retno A

Meski udah tahu apa makanan jagoannya, teteup aja sih saya lihat-lihat menu yang lain. Saya nyari timphan. Susah menemukan kue khas Aceh ini di Bandung. Pernah dapat sekali, tapi rasanya jauh dari ekspektasi saya.

Sayangnya, di Mie Aceh Seulawah ini pun nggak ada timphan. Bhaiquelaaah. Saya pesan mie Aceh goreng ayam (Rp 19.000) yang merupakan menu paling laris. Plus dua macam martabak Aceh: martabak Aceh vegetarian (Rp 16.000) dan martabak Aceh kari daging (Rp 25.000).

Martabak dan Mie Aceh

Saya melewati masa kecil hingga ABG di Banda Aceh. Makanya meskipun sekarang tinggal di Bandung, lezatnya makanan khas Aceh nggak ilang dari ingatan. Ada warung atau resto makanan Aceh, langsung saya datengin deh.

Yang paling saya suka dari martabak Aceh adalah acar bawang merahnya. Saya bukan penggemar acar. Tapi untuk acar bawang merah Aceh, itu pengecualian. I love it. Enak banget.

Melihat foto martabak Aceh yang bertabur acar bawang merah, rasanya langsung ngences deh.

Ini mie dan martabak Aceh yang saya pesan. Whuaaa satu porsi mie Aceh ini banyak banget! Saya bakal kekenyangan nih kalo mesti ngabisin sendiri.

Beragam Makanan Khas di Bandung. Sudah Coba Mie Aceh Seulawah?
Mie Aceh – Foto Oleh Triani Retno A

Dan wanginyaaaa! Jadi pengen segera makan, deh. Eh, bentar. Buka martabaknya dulu. Karinya ada dua bungkus. Ini salah masukin atau memang martabak vegetarian juga otomatis dapat kari? Di daftar menunya sih nggak tertulis.

Martabak Aceh tuh dibungkusnya khas, yaitu digulung. Beda dengan martabak-martabak lainnya.

Perbedaan lain adalah pada tepungnya. Kalau martabak lain tepung dan telur menyatu, ada martabak Aceh tidak. Lapisan tepungnya berada di tengah, diapit oleh lapisan telur di atas dan di bawahnya.

Nah, ini dia dua varian martabak yang saya pesan.

Beragam Makanan Khas di Bandung. Sudah Coba Mie Aceh Seulawah?
Martabak Aceh 2 Varian Rasa – Foto Oleh Triani Retno A

Eh, tapi mana acar bawang merahnya? Yang ada malah acar timun dan wortel seperti yang biasa ada di martabak biasa.

Apa ini penyesuaian dengan selera lokal Bandung ya? Atau seharusnya saya ngasih catatan khusus supaya martabaknya pakai acar bawang merah?

Huuuft! Terus terang saya nggak merhatiin itu waktu mesen. Kirain auto-dikasih acar bawang.

Martabak vegetarian ini ternyata sama saja dengan martabak original. Artinya, tanpa tambahan daging lagi. Adanya daging ini yang jadi pembeda antara martabak vegetarian dengan martabak daging sapi. Potongan dagingnya juga lumayan banyak.

Beragam Makanan Khas di Bandung. Sudah Coba Mie Aceh Seulawah?
Martabak Aceh Dengan 2 Varian Rasa – Foto Oleh Triani Retno A

Rasa asinnya nggak terlalu kuat. Kalau diguyur pakai kuah kari baru terasa basah eh terasa lebih enak. Tapi bagi saya, yang paling enak itu kalau ada acar bawang merahnya. Hahaha teteeeeuuup, yaaa.

Beragam Makanan Khas di Bandung. Sudah Coba Mie Aceh Seulawah?
Martabak Aceh Dengan 2 Varian Rasa – Foto Oleh Triani Retno A

Btw, mie Acehnya gimana?

Ngenyangin banget yang jelas mah. Namun, di lidah saya rasanya sebagai makanan khas Aceh kurang kuat. Tapi mungkin ini penyesuaian dengan selera masyarakat di Jawa Barat agar lebih diterima.

Rekomendasi Makanan Enak di Bandung Via GoFood

Mencari makanan khas di Bandung yang recommended sebenarnya jadi lebih mudah dengan aplikasi Go-Food.

Kita tinggal milih mau mau makan apa, lalu ketik di kotak pencarian. Bisa juga menggunakan fitur “Terdekat” untuk mengetahui ada makanan enak apa aja sih di dekat kita.

Taadaaa! Muncul hasilnya. Tinggal pilih-pilih dan pesan, deh.

Pesannya gampang, bayarnya bisa pakai GoPay. Kalau mau kasih tips ke sopir Go-Food, bisa pakai GoPay juga. Gampang, kan?

( PENA/TRA )

Banner Pesen Makan Sekarang