Batagor & Siomay Intan Sari : Sedapnya Jajanan Legendaris Khas Bandung

0
544
Batagor & Siomay Intan Sari : Sedapnya Jajanan Legendaris Khas Bandung
Batagor & Siomay - Foto Oleh Faridilla Ainun

Pesanmakan.id Palembang – Siapa yang tak kenal batagor dan siomay? Jajanan legendaris khas Bandung ini memang kerap dirindukan. Kini tak harus ke Bandung untuk bisa makan batagor dan siomay. Di Palembang pun, ada restoran Batagor & Siomay Intan Sari yang menyajikan jajanan legendaris ini. Yuk kita cek tempat makan Batagor dan Siomay di Palembang ini.

Batagor dan siomay adalah duo cemilan lezat yang kerap membuat kita teringat akan Bandung. Memang, camilan olahan ikan dan berkuah kacang ini berasal dari kota kembang tersebut. Seiring dengan banyaknya penggemar makanan lezat ini, batagor dan siomay pun kini semakin dekat dengan penggemarnya di seluruh Indonesia. Tak terkecuali di Palembang. Batagor dan siomay Intan Sari adalah salah satu restoran batagor dan siomay di Palembang dengan cita rasa asli.

Batagor & Siomay Intan Sari, Cita Rasa Asli Dari Bandung

Batagor dan siomay Intan sari berlokasi di Jalan Brigjen Hasan Khasim No.D6, Bukit Sangkal, Kali Doni, Kota Palembang. Restoran ini buka sejak pukul 8 pagi dan tutup pada pukul 10 malam. Lokasinya yang berada tak jauh dari kantor, membuat restoran ini menjadi langganan pula untuk acara kantor. Berani melabel sebagai batagor asli Bandung, nyatanya memang menjadi daya pikat Batagor dan Siomay Intan Sari kepada pelanggan setianya.

Batagor & Siomay Intan Sari : Sedapnya Jajanan Legendaris Khas Bandung
Batagor & Siomay – Foto Oleh Faridilla Ainun

Dua menu utama yang ditawarkan di Batagor dan Siomay Intan Sari sudah pasti batagor dan siomay. Batagor alias bakso-tahu-goreng diyakini dibuat pertama kali di Bandung. Konon, makanan ini bermula ketika ada seorang penjual bakso tahu mencoba menggoreng dagangannya.

Sementara itu siomay sebenarnya bukan jajanan khas Bandung. Siomay memiliki nama asli yaitu Shao-Mayyang berarti tepung terigu. Siomay kerap kali ditemui di restoran dimsum khas Cina karena makanan ini konon berasal dari Mongolia.

Perbedaan Antara Batagor dan Siomay

Batagor dan siomay umumnya berasal dari olahan ikan (biasanya ikan tenggiri) dan bisa juga ditambah dengan campuran ayam. Dalam semangkuk siomay di Indonesia, biasanya terdiri dari adonan ikan yang dibalut dengan kulit pangsit, potongan tahu yang juga diisikan adonan di tengahnya, potongan pare dengan isi adonan, serta kentang dan telur rebus.

Sementara itu, komposisi batagor biasanya terdiri dari bakso tahu dan adonan dengan balutan kulit pangsit. Tahu kuning untuk batagor biasanya telah diiris menjadi segitiga terlebih dahulu sebelum diisikan adonan di tengahnya.

Perbedaan jelas terasa antara batagor dan siomay. Siomay cukup dikukus saja, sementara itu batagor akan mengalami proses digoreng terlebih dahulu sebelum disajikan. Baik batagor maupun siomay keduanya disajikan dengan saus kuah kacang.

Harga Terjangkau Untuk Seporsi Batagor & Siomay

Batagor & Siomay Intan Sari : Sedapnya Jajanan Legendaris Khas Bandung
Batagor & Siomay – Foto Oleh Faridilla Ainun

Di Batagor dan Siomay Intan Sari, harga seporsi batagor dan siomay tanpa telur adalah Rp 19.000,-. Sementara itu, jika menyenangi telur rebus, bisa memilih menu dengan tambahan telor rebus yang dihargai Rp 23.000,- seporsi. Jika kita tidak request siomay campur, maka dari pihak restoran biasanya menyajikan adonan siomay dalam balutan kulit pangsit saja. Sementara itu, jika kita meminta disajikan siomay campur, maka dalam seporsi siomay juga akan diberikan kentang atau pare sesuai permintaan pembeli, namun tentunya jumlah siomay yang dibalut kulit pangsit tak sebanyak biasa.

Adonan ikan akan terasa sekali begitu menggigit potongan batagor atau siomay yang disajikan. Belum lagi saus kacang berwarna kecoklatan yang tak terlalu kasar namun menambah cita rasa dari batagor dan siomay. Ada sedikit rasa pedas yang terkadang dari saus kacang.

Jika merasa agak terlalu pedas, bisa menambahkan kecap yang disediakan. Atau jika senang dengan rasa pedas, kita juga dapat menambahkan sambal cabai hijau. Namun, untuk lebih segar, akan lebih nikmat kalau menambahkan sedikit perasan jeruk kunci sebelum mengaduk siomay atau batagor di dalam piring. Cita rasanya tak jauh beda dengan batagor atau siomay yang pernah ditemui di kota Bandung.

Porsi Pesanan Mudah Diatur

Batagor dan Siomay Intan Sari juga menerima pesanan dalam jumlah besar. Kalau merasa kurang puas dalam porsi yang ditawarkan, pihak restoran juga mengijinkan pembelian satuan untuk siomay, batagor, atau telor. Ketiganya dijual dengan harga Rp 4.000,- per pcs.

Cemilan batagor dan siomay bisa menjadi cemilan yang pas baik di rumah maupun di kantor sembari bekerja. Jika memilih porsi dengan telor atau memilih siomay campur yang berisi kentang, biasanya cukup mengenyangkan dan bisa menjadi pengganti makan siang atau makan malam.

Batagor & Siomay Intan Sari : Sedapnya Jajanan Legendaris Khas Bandung
Batagor & Siomay – Foto Oleh Faridilla Ainun

Mencicipi Batagor & Siomay, Cukup Pesan di GoFood

Selain bisa berkunjung langsung, saat ini Batagor dan Siomay Intan Sari juga telah dapat dipesan melalui Go-Food. Cukup dengan mengakses aplikasi Gojek lalu memilih menu Go-Food dan pilih menu dari Batagor dan Siomay Intan Sari, maka kamu akan bisa menikmati lezatnya batagor dan siomay yang bisa membawamu rindu kembali akan Bandung setelah makan jajanan legendaris ini.

( PENA/FA )

Banner Pesen Makan Sekarang