Barong Cafe : Nasi Bakar di Palembang yang Menggugah Selera

0
310
Nasi Bakar di Palembang yang Menggugah Selera
Nasi Bakar Palembang - Foto Oleh Nina Fajriah

Pesenmakan.id, Palembang – Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Olahannya pun beragam. Mulai dari nasi goreng, nasi uduk, nasi kepal, hingga yang saat ini tengah populer yaitu nasi bakar. Seperti namanya, Nasi Bakar adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang lalu dimasak dengan cara dibakar. Sebelum di bakar, nasi terlebih dahulu diberi bumbu, lalu diberi isian. Bumbu dan isian ini yang memberikan rasa dan aroma makanan yang khas ketika di bakar. Nasi bakar cocok dinikmati untuk makan siang maupun makan malam.

Untuk isian nasi bakar sendiri, ada banyak ragam yang bisa anda sesuaikan dengan selera. Misalnya saja jika anda penggemar ayam, maka anda bisa melengkapi isian nasi bakar dengan cacahan daging ayam. Demikian pula jika anda penggemar daging, sosis, teri hingga kentang. Untuk asal usul Nasi Bakar sendiri, hingga saat ini masih belum diketahui dengan jelas dari daerah mana di Indonesia ia bermula. Yang pasti hidangan nasi bakar saat ini cukup populer dan memiliki cita rasa khas tersendiri karena aroma bakar yang meresap ke dalam nasi.

Palembang sebagai salah satu kota besar di Indonesia, tentu saja memiliki beberapa restoran dan warung makan yang menjadikan nasi bakar sebagai menu andalan. Salah satunya adalah Barong Cafe yang berlokasi di Komplek mal Palembang Square.

Mencari Merchant di Go-Food.

Jika anda ingin mencoba Nasi Bakar Barong Cafe ini, anda tak perlu repot. Cukup dengan membuka aplikasi Go-Jek lalu masuk ke layanan Go-Food. Di bagian pencarian merchant, anda bisa menuliskan nama merchant Barong Cafe. Hasil pencarian akan menunjukkan Barong Cafe, PS – dimana PS merupakan inisial dari Palembang Square.

Ada beberapa sebab mengapa menu ini menjadi istimewa untuk dipesan melalui Go-Food. Yang pertama karena menu Nasi Bakar ini masuk dalam daftar makanan yang recommended dari merchant Barong Cafe. Yang kedua, merchant membuat deskripsi makanan secara lengkap, sehingga anda mendapatkan informasi yang jelas mengenai menu yang akan anda pesan. Disitu tertulis bahwa menu Nasi Bakar yang tersedia adalah Nasi Bakar Komplit ala parahyangan yang disajikan dengan ayam goreng, oseng tahu, sambal kentang, tahu goreng, sambal terasi dan sayur asem. Deskripsi yang lengkap tentu membuat customer memiliki gambaran mengenai menu yang mereka pesan. Ketiga, gambar visual produk makanan dari merchant yang menarik, bisa menggugah selera siapapun untuk mencoba.

Setelah menentukan menu Nasi Bakar yang akan dipesan, kita bisa langsung menekan tombol pesan di Go-Food.

Nasi Bakar Komplit Barong Cafe

Setelah pesanan saya sampai, pertama kali yang saya perhatikan adalah packing makanan yang dibungkus dengan rapi. Masing-masing makanan dibungkus terpisah untuk memastikan bahwa tidak ada makanan yang tumpah. Merchant lalu menyusunnya di dalam kotak karton, memberikan kesan merchant adalah penjual makanan yang rapi dan bersih.

Untuk Nasi Bakar Komplit Barong Cafe ini pun saya menemukan keunikan tersendiri. Ternyata setelah dibuka, isian di dalam nasi beragam mulai dari sayur, jagung dan cacahan cabai besar. Tekstur nasi agak pera, sehingga mudah buyar ketika kita aduk dengan sendok. Meski rasa nasi sedikit agak pedas, namun cukup gurih dan enak di lidah.

Nasi Bakar Palembang
Nasi Bakar Palembang – Foto Oleh Nina Fajriah

Sebagai pendamping nasi, tersedia ayam goreng dengan rasa yang pas – tidak terlalu asin ataupun hambar. Daging ayam terasa lembut karena tidak digoreng secara berlebihan. Ada juga dua buah tahu goreng yang sangat lembut dan enak, osengan toge-tahunya juga terasa enak tanpa minyak berlebih. Sambal kentang terasa pedas namun masih bersahabat di lidah. Sambal terasi yang disediakan terasa pedas dengan manis yang pas. Dan semuanya disajikan lengkap dengan sayur asem yang segar.

Nasi Bakar Palembang
Nasi Bakar Palembang – Foto OlehNina Fajriah

Jangan kaget ketika anda menemukan satu pelengkap yang tidak ada di deskripsi makanan. Ternyata Barong Cafe menyertakan tambahan kriuk goreng yang dibungkus terpisah. Kriuk goreng adalah sejenis bumbu yang digoreng sebagai taburan pelengkap makanan. Dengan kriuk, menikmati nasi bakar terasa lebih lezat karena ada sensasi garing ketika dikunyah. Untuk ini Barong Cafe perlu diapresiasi karena kriuk goreng tidak tercantum pada deskripsi menu di merchant, namun tetap disertakan.

Memesan Nasi Bakar dengan Go-Food

Ketika saya memesan menu ini di Go-Food, jarak yang tertera dari rumah saya ke Palembang Square adalah sejauh 4.6 km. Dengan jarak tersebut, saya dikenakan biaya antar sebesar Rp.10.000. Ditambah harga makanan sebesar Rp.49.500, maka total yang harus saya bayar adalah sebesar Rp.59.500. Karena saya masih memiliki saldo Go Pay sebesar 25.000 dan voucher ongkos kirim Go-Food sebesar Rp.5000, maka total yang harus saya bayar secara tunai adalah sebesar Rp.29.500 saja.

Dengan jarak 4.6 km, saya menunggu kurang lebih selama 30 menit hingga makanan sampai di rumah. Makanan yang tiba masih terpacking dengan baik dan rapi. Saya sangat menyukai memesan makanan dengan Go-Food karena praktis, mudah dan dapat diakses kapan saja.

( PENA/106NF )

Banner Pesen Makan Sekarang