Ayam Goreng Sinar Pemuda: Sensasi Ayam Goreng Kampung di Surabaya

0
533
ayam goreng kampung di surabaya
Foto oleh Rahmah

Pesenmakan.id, Surabaya – Surabaya punya tempat makan ayam goreng yang tidak bisa dihitung dengan jari. Tersebar dari Surabaya Barat hingga Timur, Selatan dan Barat. Namun, apakah semua ayam goreng yang dijual tersebut enak? Tunggu dulu! Saya mau info kalau mau makan malam atau makan siang dengan ayam goreng, coba ke Ayam Goreng Pemuda saja.

Ayam Goreng Pemuda? Yang makan buat ABG aja dong kalo gitu? Ya nggak dong. Ceritanya sih karena ayam goreng ini dulunya dijajakan di Jalan Pemuda, Surabaya. Karena persoalan tata tertib dan memang kawasan ini banyak bangunan cagar budaya, sepertinya pemerintah setempat ingin tetap melestarikan dengan steril dari keramaian yang menguntungkan salah satu pihak saja.

Ayam Goreng Kampung yang Nendang di Lidah

Selama ini kalau makan ayam goreng, biasanya sensasinya biasa saja. Apalagi kalau dari jenis ayam broiler (baca: ayam potong). Habis makan ya sudah tak ada cerita yang mengikuti selain seporsi habis. Bahkan sesekali ada rasa was-was karena khawatir ayamnya diberi suntikan ini dan itu agar tampak lebih gemuk dan besar. Berbeda kalau makan ayam goreng kampung. Nilai gurihnya berbeda. Bahkan tektur dagingnya pun jauh lebih kenyal dibandingkan ayam potong. Melihat wujud aslinya saja sudah berbeda. Ayam kampung sangat khas mulai dari bulu dan bentuk tubuhnya.

ayam goreng pemuda
Foto oleh Rahmah

Namun, ayam kampung yang diolah oleh merchant Ayam Goreng Sinar Pemuda ini benar-benar bisa menimbulkan kerinduan bahkan “rasa ingin tambah” bagi siapa saja yang mencicipi. Awalnya saya melihat penampakannya biasa saja dan potongannya nggak terlalu besar, tetapi lagi-lagi tidak boleh memberikan penilaian hanya sebatas tampilan luar saja ye kan? Maka jadilah saya memesan ayam goreng ke merchant Ayam Goreng Sinar Pemuda via GO FOOD.

“Mengapa harus pakai GO FOOD? Kan enak tuh makan langsung ke depot atau warungnya!”

Itu tuh kalimat yang dilontarkan teman-teman saat tahu saya memesan menu ayam goreng ini via aplikasi. Jawabannya sih sederhana banget, saya bisa lebih nikmat makan di rumah. Mau selama apapun makan ayam goreng, tidak akan ada yang larang apalagi liatin sampai terheran-heran karena tulang ayam akan bersih saya krokoti, haha.

Alasan lainnya juga karena GO FOOD sering memberikan promo diskon delivery fee sehingga sangat menguntungkan emak-emak seperti saya. Dan pasti semua setuju dengan alasan ini, haha. Apalagi Surabaya sudah semakin macet, menghindari keramaian untuk sekedar makan enak terkadang pesan ke rumah menjadi solusinya. Meskipun pasti akan berbeda sensasi makan ayam goreng di tempatnya langsung daripada di rumah.

Testimoni Rasa Ayam Goreng

Lihat bentuk ayamnya sih menurut saya ukuran potongannya terlalu kecil. Saya pribadi nggak bakalan cukup kalau seporsi isinya satu potong ayam dan nasi. Harus minimal dua porsi. Apalagi kalau saya makan bersama anak balita yang juga doyan banget sama ayam goreng. Plus suami juga bakalan minta dua porsi sendiri, haha.

Tekstur ayamnya lembut, bumbunya meresap sampai ke tulang. Bumbunya pas dan tidak begitu keasinan. Hanya sedikit kurang ditiriskan jadi saat memesan via GO FOOD harus segera dikonsumsi karena kandungan minyak dalam kemasan membuat ayam menjadi gampang basah.

ayam goreng pemuda di surabaya
Foto oleh Rahmah

Soal sambelnya, juaraaa! Sepotong ayam bisa menghabiskan banyak sambel apalagi dibuat dengan rasa yang tidak terlalu pedas. Ditambah kecap dan perasan jeruk nipis, bakalan tambah nasi sebakul, haha. Apalagi saat nasi posisinya masih panas atau asapnya masih mengepul. Udah deh dijamin timbangan berat badan bakalan diungsikan lama.

Pastinya harga sesuai dengan rasa dan yang membuat saya bahagia, tetap aman sebagai makanan untuk anak saya yang masih balita tetapi suka dengan ayam goreng, khususnya bagian paha.

Oiya, saat pesan menu ayam goreng bagian dada dan paha di merchant ini, saya juga memesan Tahu Goreng. Satu porsi isi 6 potong tahu. Sayangnya gorengannya kurang garing jadi sampai di rumah sudah agak lembek. Mungkin karena minyaknya. Soal rasa tahunya, lumayan apalagi kalau dicocol dengan sambel ayam goreng, mantul. Dimakan sama nasi juga sudah bisa bikin kenyang.

Menu Rekomendasi Ayam Goreng Sinar Pemuda

Ayam Goreng Sinar Pemuda di GOFOOD

Kalau membuka aplikasi Go FOOD dan mencari Ayam Goreng SInar Pemuda, maka akan terlihat menu yang direkomendasikan. Untuk merchant satu ini makanan khas yang dijual sebagai rekomendasi hanya ada dua (karena termasuk menu best seller), yaitu:

  • Ayam Goreng (Paha/Dada)
  • Gurami Sambel

Berhubung di rumah hanya saya yang doyan sama ikan gurami, makanya sementara tidak memesan dulu. Biarlah saya ikut selera terbanyak di rumah yaitu ayam goreng. (Pena/99R)

Banner Pesen Makan Sekarang