Ayam Goreng Nelongso Makanan Khas di Surabaya yang Bikin Bahagia Perut dan Dompet Kita!

0
164
Ayam Goreng Nelongso Makanan Khas di Surabaya yang Bikin Bahagia Perut dan Dompet Kita!
Ayam Goreng Nelongso - Foto Oleh Nurul Rahmawati

Pesenmakan.id Surabaya – NELONGSO. Ini salah satu kata dalam Bahasa Jawa, yang artinya kecewa, atau nelangsa. Suatu perasaan tidak nyaman, biasanya disebabkan takdir atau kondisi yang tidak berpihak pada kita. Ketika membaca brand Ayam Goreng Nelongso, jujur saya merasa wagu alias aneh. Kok bisa sih, menyematkan kata Nelongso pada merek F&B Makanan Khas di Surabaya? Duh, jangan-jangan kalau pesan menunya, hati kita jadi nelangsa. Tapiiii saya sering scrolling Instagram dan banyak kok yang bilang ini salah satu tempat makan enak di Surabaya. Hmm, kapan-kapan deh aku coba.

Eh, tak lama kemudian, salah satu sahabat yang demen kulineran, malah kasih info kalau dia habis makan-makan di warung Ayam Goreng Nelongso. Lokasinya tak seberapa jauh dari rumah kami. Wah, Okesip! Yuk mari kita coba rekomendasi makanan enak di Surabaya.

Kata dia nih, menunya lengkaaaap, ada ayam, bebek, ikan, aneka olahan sayuran, dan yang penting sambalnya GRATIS! Ada sekitar 11 varian sambal yang bisa dinikmati oleh konsumen. Info maha penting pun ia bagikan: Harga semua menu Ayam Goreng Nelongso murah meriaaaah.

SAMBAL ADALAH KOENTJI!

Sebagai penggemar masakan pedas, tentu saja saya kepincut dengan testimoni sahabat tadi. Langsung deh, cari info seputar Ayam Goreng Nelongso, dan order! Hmmm, kebayang bisa makan enak dengan aneka sambal yang membangkitkan selera.

Saya pesan Plecing Ayam (plus Kangkung berlumur sambal), duh kebayang sedapnya! Juga order dua menu ikan, yaitu Ikan Bawal Bakar dan Ikan Kerapu Goreng. Masing-masing datang sepaket dengan cah kangkung, tahu goreng, dan SAMBAL!

Ayam Goreng Nelongso Makanan Khas di Surabaya yang Bikin Bahagia Perut dan Dompet Kita!
Plecing Ayam, Ikan Bawal Bakar, Ikan Kerapu Goreng – Foto Oleh Nurul Rahmawati

O iya. Ternyata sambal sepuasnya itu hanya buat yang dine-in alias makan di tempat ya. Kalau delivery atau take away, sambal buat kita cukup satu jenis saja. No problem, sih. Soalnya, sambalnya uenaaak. Menu yang saya pesan (Nasi plus olahan ikan) hadir dengan sambal korek. Beuugh, pedesnya nampol! Nggak ditanya level kepedasan sih. Jadi, semua sambal tingkat pedasnya sama.

Ikannya segar, ukurannya pas untuk dimakan 1-2 orang. Menu ikan bawal bakarnya sekilas rada overcooked/gosong, tapi masih banyak bagian yang bisa dinikmati kok. Bumbu Kecapnya merasuk ke seluruh bagian ikan. Sedaaap banget!

Ayam Goreng Nelongso Makanan Khas di Surabaya yang Bikin Bahagia Perut dan Dompet Kita!
Ikan Bawal Bakar – Foto Oleh Nurul Rahmawati

Sementara untuk ikan goreng, menurut saya PERFECTO! Dengan harga yang super-duper-terjangkau, kita bisa menikmati gurihnya ikan yang penuh gizi. Digoreng dengan kematangan sempurna, minyak yang dipakai sepertinya juga bukan tipe jelantah (bolak-balik untuk menggoreng, sampai hitam). Karena tidak ada after-taste minyak jelantah, ketika saya menikmati menu ikan goreng ini.

Ayam Goreng Nelongso Makanan Khas di Surabaya yang Bikin Bahagia Perut dan Dompet Kita!
Ikan Kerapu Goreng – Foto Oleh Nurul Rahmawati

Menu ikan hadir dengan cah kangkong yang lezat tiada tara. Ouw, so generous! Harga terjangkau, dengan menu penuh gizi, lengkap karbohidrat + protein + sayur.

Sembari hoh-hah-hoh-hah kepedasan, saya juga menikmati nasinya yang pulen dan hangat. Wangi dan porsinya lumayan banyak. Tak heran, warung Ayam Goreng Nelongso ini biasanya ada di Kawasan dekat kampus. Barangkali tim Ayam Goreng Nelongso ingin memberikan alternatif menu yang sehat bergizi, sekaligus ramah kantong anak kos dan mahasiswa.

Plecing Ayam yang Seru Rasanya

Oke, sekarang kita bahas citarasa ayam gorengnya. Beberapa kali, saya pesan ayam crispy di warung ini, dan anak saya sukaaaa banget! Gurih dan kriuk-kriuknya mantap! Ayam kampung juga begitu. Sama sekali tidak alot, bumbunya meresap sempurna.

Bagaimana dengan Plecing Ayamnya? Ayam goreng dibumbui dengan sempurna. Meresap mantap sampai ke tulang. Ayamnya juga enak, nggak alot, tapi juga tidak terlalu lembut, kayak model ayam yang di resto fast food. Plecing Kangkungnya, wohoooo. Kalau saya amati, kangkungnya ini mirip kangkong Lombok. Crunchy dan beda dengan kangkung Jawa. Dilumuri sambal segar, waduuuuh. Rasanya nasi sebakul juga masih kurang, hahahahha.

Intinya Ayam Goreng Nelongso ini bikin bahagia perut dan dompet kita! Bener-bener rekomendasi makanan enak di Surabaya. Cabangnya banyaaaak banget. Jadi kita bisa memilih tempat makan enak di Surabaya, silakan cari mana yang paling dekat dengan rumah atau kantor. Kalau mager (males gerak), jangan khawatir. Ada GoFood kan? Kita bisa search Ayam Goreng Nelongso, dan silakan pilih mana menu yang sesuai dengan selera. (*)

( PENA/NR )

Banner Pesen Makan Sekarang