Ayam Goreng Fatmawati, Rekomendasi Tempat Makan Enak di Makassar

0
417
Ayam Goreng Fatmawati, Rekomendasi Tempat Makan Enak di Makassar
Ayam Goreng Fatmawati - Foto Oleh Irma suryani

PesenMakan.id, Makassar – Salah satu jenis makanan yang tak lekang oleh waktu dan selalu menjadi favorit adalah masakan berbahan dasar ayam. Selain itu, daging ayam juga dapat diolah menjadi beragam masakan mulai dari opor, gulai, palekko, nasu likku, sate, bakso, sampai olahan yang paling mudah, ayam goreng.

Resep ayam goreng pun bukan hanya satu macam tapi beragam olahan ayam goreng juga dapat dibuat, mulai dari ayam goreng kecap, ayam goreng mentega, ayam goreng kremes, ayam goreng lengkuas, ayam goreng serundeng, ayam goreng cabe ijo, ayam geprek, ayam penyet, ayam goreng kalasan, ayam goreng tepung dan lain-lain.

Berbicara tentang ayam goreng, bertebaran tempat makan enak di Makassar yang menyediakan jenis kuliner ini, baik warung tenda, cafe, rumah makan ataupun restoran. Salah satunya adalah Ayam Goreng Fatmawati. Dengan menghadirkan menu tradisional Sunda yang disebut-sebut memiliki citarasa berbeda dibandingkan restoran ayam goreng lainnya di Makassar.

Resto Ayam Goreng Fatmawati

Meskipun namanya adalah Ayam Goreng Fatmawati, resto ini juga menyediakan hidangan berbahan ayam lainnya seperti ayam gebuk, ayam cabe ijo, ayam kuning dan ayam bakar. Di samping menu ayam, kita juga bisa memesan pepes, aneka nasi, aneka gorengan, aneka sambel, sop buntut, bebek pedas bakar, nila kremes dan aneka minuman. Tak ingin repot memilih, satu paketan lengkap juga ditawarkan yaitu paket soto ayam, paket ayam gebuk dan paket timbal ayam komplit.

Nasi Uduk, Nasi Timbel, Tahu Goreng dan Ayam Cabe Ijo

Sebenarnya menu makanan ini dipesan secara terpisah, bukanlah satu paket. Jika ingin yang paketan supaya ga repot lagi memilih, ada juga tersedia paket timbal ayam komplit yang terdiri dari nasi timbel, ayam kuning, tempe, tahu goreng, ikan asin, sayur asam, lalapan dan sambal.

Ayam Goreng Fatmawati, Rekomendasi Tempat Makan Enak di Makassar
Ayam Goreng fatmawati – Foto Oleh Irma suryani

Kalau menurut referensi, nasi uduk ini sesungguhnya adalah masakan dari Betawi. Nasi uduknya dikemas dengan daun pisang yang memberikan wangi yang khas pada nasinya. Sayangnya saya tidak menemukan bawang goreng pada nasi yang biasanya menjadi ciri khas nasi uduk. Sedangkan nasi timbel adalah makanan khas Sunda yang disajikan dengan unik. Nasi matang dibungkus dengan daun pisang, dikukus lalu disajikan hangat.

Untuk menemani nasi timbel dan nasi uduk, saya memesan ayam cabe ijo dan tahu goreng. Rasa ayam cabe ijonya enak, daging ayamnya empuk dengan bumbu yang meresap hingga ke tulang. Tahu gorengnya juga jadi favorit saya karena tidak kering dan disajikan dengan sambel di bagian atasnya. Hanya saja, sebagai resto yang menyediakan menu khas Sunda, lalapannya termasuk minim. Cuma ada sedikit kol, seiris timun dan wortel. Padahal makanan khas Sunda biasanya lalapannya banyak.

Ayam Goreng Fatmawati, Rekomendasi Tempat Makan Enak di Makassar
Ayam Goreng Fatmawati – Foto oleh Irma suryani

Saya juga memesan sambel terasi tapi karena sambel di tahu penyet dan cabe ijo pada ayam sudah cukup pedas akhirnya ga jadi dicampurkan. Sempat juga mencicipi sambel terasi ini dengan mencocolkan potongan daging ayam. Rasanya pedas sedikit manis, terasinya berasa banget.

Ayam Goreng Fatmawati, Rekomendasi Tempat Makan Enak di Makassar
Ayam Goreng Fatmawati – Foto oleh Irma suryani

Di luar lalapan yang minim dan tidak ada bawang goreng pada nasi uduk, menu yang saya pesan ini recomendedlah. Kekurangan tersebut bisa diterima karena tertutupi oleh rasa daging ayam yang empuk dan bumbu meresap, sambel yang endeuss dan nasi yang pulen.

Pengen Ayam Goreng Fatmawati? Go-Food aja!

Sekali lagi fitur Go-Food pada aplikasi Go-Jek menyelamatkan. Tak perlu keluar rumah, tak perlu kena macet, tak perlu keluar ongkos, kita bisa menikmati masakan khas Sunda ini sambil duduk manis di rumah. Bisa lebih hemat pula bila pembayaran dilakukan dengan Go-Pay. Ada banyak promo yang bisa didapatkan misalnya free ongkir, diskon sekian persen hingga voucher dengan nominal tertentu yang bisa dipakai pada saat pemesanan pertama.

Jadi kalau kamu mencari tempat makan enak di Makassar, saya rekomendasikan Ayam Goreng Fatmawati ini. Mau jadi menu makan siang ataupun makan malam, semua oke saja. Selamat menikmati!

( PENA/129IS )

Banner Pesen Makan Sekarang