Ayam Geprek Bu Rum, Rekomendasi Makan Enak di Yogyakarta

0
302
Ayam Geprek Bu Rum
Ayam Geprek Bu Rum - Foto Oleh Indah Julianti Sibarani

Pesenmakan.id, Yogyakarta — Selain sensasi rasa pedasnya yang tiada tara, Ayam Geprek Bu Rum terkenal karena harganya yang ramah di kantong alias murah. Tak heran, Ayam Geprek Bu Rum ini menjadi pilihan pecinta kuliner sebagai tempat makan enak di Jogja. Sudah pernah menjajal pedasnya ayam geprek Bu Rum belum?

Pelopor Ayam Geprek di Indonesia

Di Yogyakarta, ada beberapa macam menu ayam yang populer yaitu ayam goreng, ayam bakar dan tentu saja ayam geprek ala Yogyakarta. Tahu kan ayam geprek itu? Ayam yang digoreng dengan tepung menjadi ayam krispi seperti ayam-ayam fast food, yang kemudian diulek – digeprek bersama dengan potongan cabe rawit, bawang putih dan sedikit terasi.

Bayangkan saja, ayam goreng tepung yang krispi sudah enak dimakan. Renyahnya tepung terasa kriuk-kriuk, berpadu dengan rasa pedas membuat lidah terasa bergoyang. Potongan demi potongan ayam tepung pedas masuk ke dalam mulut bersama nasi. Keringat meleleh di seputar wajah tak dihiraukan demi nikmat makanan khas ini, Ayam Geprek Bu Rum.

Ayam Geprek Bu Rum ini adalah pelopor atau yang pertama kali mempopulerkan ayam geprek di Yogyakarta. Bahkan disebut juga pedagang pertama ayam geprek di Indonesia, karena usaha ayam gepreknya dimulai dari tahun 2003.

Awalnya, ayam geprek Bu Rum ini dikenal di kalangan mahasiswa di sekitaran Demangan dan Mrican, Yogyakarta. Seiring dengan kepopuleran ayam geprek di Indonesia, pelanggan Bu Rum pun meluas ke kalangan pekerja/karyawan, bahkan wisatawan lokal dan mancanegara pecinta kuliner yang datang ke Yogyakarta.

Saya saja kenal makanan khas Ayam Geprek Bu Rum ini dari teman yang tinggal di Jakarta, yang saat ke Yogyakarta mengajak untuk makan di ayam geprek ini. Kata teman saya, menurut teman-teman kantornya, kalau ke Yogyakarta jangan lupa mampir ke Bu Rum, karena ayam gepreknya, makanan yang patut dicoba.

Serba Pilih Sendiri

Buat pecinta makanan pedas di Yogyakarta, Ayam Geprek Bu Rum ini memang istimewa. Tingkat kepedasan dari ayam goreng tepung itu kita sendiri yang menentukan.

Kalau saya sih, hanya sanggup 9 cabe rawit merah. Itu sudah keringetan lho. Ada juga yang cabe rawitnya sampai 30 biji, dan enak saja tuh makan ayam gepreknya. Sementara saya yang melihatnya makan siang ayam geprek dengan 30 cabe rawit, nyaris tak berkedip.

Ayam Geprek Bu Rum
Ayam Geprek Bu Rum – Foto Oleh Indah Julianti Sibarani

Bagaimana dengan yang tidak suka pedas? Santai, tetap bisa kok makan ayam tanpa digeprek cabe atau hanya satu cabe saja, untuk penambah rasa.

Yang istimewa lainnya dari Ayam Geprek Bu Rum ini, kita bebas mengambil sendiri, mau makan apa. Pilih sendiri ayam yang akan digeprek. Ambil sendiri nasi putihnya (sesuai ukuran yang biasa kita makan), ambil sendiri sayur, tempe atau tahu, lalu serahkan ke mas-mas warungnya, untuk digeprek dengan cabe yang kita tentukan sendiri. Boleh ayamnya saja yang digeprek, atau sekalian digeprek di atas nasi, dengan lauk lainnya.

Ayam Geprek Bu Rum
Ayam Geprek Bu Rum – Foto Oleh Indah Julianti Sibarani

Menu ayam geprek apa saja yang disajikan di tempat makan sederhana namun banyak penggemarnya ini?

Ini menu ayam dan sajian lainnya di Ayam Geprek Bu Rum, berdasarkan yang paling banyak dipesan atau favorit:
1. Ayam geprek original (geprek dengan cabe)
2. Ayam geprek keju (di atas ayam yang telah digeprek ditambahin topping keju)
3. Ayam Geprek Lombok Ijo (ayam geprek yanag di atasnya ditambahi sambal cabe ijo)
4. Ayam Geprek Sambalado
5. Ayam Geprek Rendang
6. Tempe goreng (ada yang tepung, ada yang tempe goreng biasa)
7. Telur (goreng mata sapi)
8. Sayur (ada dua jenis sayur yang setiap hari berganti, tapi yang favorit itu sayur labunya)

Ayam Geprek Bu Rum
Ayam Geprek Bu Rum – Foto Oleh Indah Julianti Sibarani

Sedangkan untuk minumannya, Teh Manis (dingin atau panas), Air Jeruk (dingin dan panas), Es Nutrisari, Es Coffeemix, dan es Milo. Air putih gratis, bebas mau minum berapa gelas.

Ayam geprek Bu Rum ini buka dari pukul 07.00 hingga 21.00 WIB, bisa untuk makan malam kan?

Malas Antri? Go Food Saja

Banyaknya pelanggan ayam geprek Bu Rum ini, terlihat dari jam-jam makan siang, sehingga harus rela mengantri. Itu yang kadang membuat saya malas untuk ngantri dan memilih solusi Go Food dari Gojek Indonesia, untuk membelikan makanan yang kita mau.

Asyiknya membeli makanan via Go Food ini, kalau kita sedang tidak ada uang cash yang pas, bisa memakai Gopay yang kita memiliki. Misalnya kita memiliki Gopay 30 ribu, sudah bisa membeli 2 paket ayam geprek plus nasi dan ongkos kirim dengan Gopay sekitar Rp 4000.

Paket ayam geprek Bu Rum ini memang murah sih, sesuai isi kantong mahasiswa terutama mahasiswa yang indekost. Untuk satu paket ayam geprek original + nasi, harganya 13 ribu rupiah. Sedangkan untuk Ayam Geprek Sambalado, Lombok Ijo dan Ayam Geprek Rendang ditambah nasi, cukup membayar 15 ribu rupiah.

Ingin yang lebih murah lagi? Nasi + telur geprek = Rp 8000.

Oh ya, kalau pesan via Go Food, pesan nasinya jangan banyak-banyak. Karena ukuran nasi yang diberikan, itu bisa dimakan untuk dua orang. Kecuali para mahasiswa cowok sih, satu bungkus nasi masih kurang ya.

Tertarik untuk menikmati Ayam Geprek Bu Rum dengan cabe rawit 20 biji? Di-Go Food-in saja. Bayar pakai Gopay, tinggal menunggu dengan manis di rumah, makanan siap diantar.

( PENA/116AR )

Banner Pesen Makan Sekarang