11 Tempat Makan Sehat Di Jogja Yang Yummy dan Bikin Kenyang

0
298

Pesenmakan.id, Yogyakarta – Siapa di antara kamu yang suka wisata kuliner? Wisata kuliner memang jadi aktivitas favorit banyak orang ketika sedang berkunjung ke suatu kota. Namun, banyak juga yang menghindari aktivitas ini karena dianggap kurang baik untuk kesehatan.

Nah, kalau sedang berlibur di Yogyakarta, jangan takut untuk wisata kuliner ya. Sekarang banyak sekali tempat makan di Jogja yang menawarkan menu sehat tapi tetap lezat, mulai dari restoran bebas MSG (monosodium glutamat alias micin) sampai kafe untuk para vegan dan vegetarian. Mau tau dimana saja tempatnya? Baca terus lanjutan ceritanya!

1. Warung Bumi, Bumi Langit Institute

Image credit: @geraldoherawan (kiri), @fork_in_suitcase (kanan)

Restoran yang satu ini jadi viral setelah dikunjungi oleh mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama pada 2017 lalu. Bumi Langit mengklaim bahwa semua makanan mereka bebas dari zat-zat kimia berbahaya seperti pengawet.

Restoran ini juga memiliki sistem pengolahan limbah yang berbasis lingkungan serta perkebunan dan peternakan organik yang jadi sumber bahan baku aneka sajian di restoran tersebut. Unik sekali ya? Menu yang ditawarkan sangat beragam dan bervariasi, mulai dari mie lethek khas Jogja hingga spaghetti dengan cita rasa lokal. Rasanya juga tak kalah enak dengan sajian makanan di restoran mewah lho!

Jam buka: Selasa sampai Jumat mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB
Harga makanan: mulai 20,000 IDR

2. Warung Vegetarian Somayoga

Image credit: @indiradania (kiri), @jxvegan (kanan)

Tempat makan yang satu ini punya view yang cantik, yaitu di pinggiran sawah daerah Babarsari. Somayoga termasuk salah satu pelopor rumah makan vegetarian di Jogja. Menu yang ditawarkan sebagian besar merupakan menu tradisional Indonesia. Meski semua makanannya merupakan menu vegetarian, di sini kamu tetap bisa menemukan menu daging lho.

Daging olahan di Somayoga terbuat dari campuran jamur dan tepung yang tetap enak. Oleh karena itu, kamu tetap bisa sepuasnya makan daging tanpa harus khawatir kolesterol naik.

Jam buka: setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 22.00 WIB
Harga makanan: mulai dari 10,000 IDR

3. Loving Hut

Image credit: @bawaan.laper (kiri atas), @bubiculinary (kiri bawah), @jalanjajann (kanan)

Loving hut merupakan salah satu cabang dari PT Loving Hut Indonesia yang khusus menyediakan gerai makanan cepat saji untuk para vegan. Karena judulnya cepat saji, kamu tidak perlu menunggu lama untuk bisa menyantap satu porsi hidangannya.

Menunya tidak jauh berbeda dengan warung-warung lain pada umumnya, ada bakso, salad buah, hingga aneka olahan mie yang menggoda. Hanya saja disini semua menunya terbuat dari bahan-bahan nabati yang menyehatkan.

Jam buka: setiap hari mulai pukul 09.30 hingga 20.30 WIB
Harga makanan: mulai dari 16,000 IDR

4. Via Via

Image credit: @udahdiperut

Para backpacker pasti sudah tidak asing dengan hostel yang satu ini. Selain menyediakan tempat menginap, hostel ini telah lama dikenal dengan resto yang menawarkan menu sehat. Semua bahan dasarnya merupakan bahan lokal dan organik, tanpa MSG, dan menggunakan air matang untuk proses pencuciannya.

Menu di Via Via lebih beragam karena tidak hanya khusus untuk vegetarian. Kamu bisa menikmati aneka hidangan lokal indonesia hingga western food populer seperti pasta, burger dan bahkan gelato! Untuk hidangan dengan roti kamu bisa memilih untuk menggunakan roti bebas gluten yang sehat dan rendah kalori. Cocok nih buat kamu yang lagi diet.

Jam buka: setiap hari mulai pukul 07.30 hingga 23.00 WIB
Harga makanan: mulai dari 18,000 IDR

5. Milas Vegetarian

Image credit: @ummi_rochma (kiri), @siminwilson (kanan)

Dari namanya sudah bisa ditebak kalau restoran yang satu ini menawarkan hidangan vegetarian. Bukan hanya sekedar vegetarian tapi juga organik, bebas MSG dan sepenuhnya produk petani lokal. Tempatnya sangat unik karena lebih mirip sebuah rumah pribadi dengan taman yang luas. Kamu bisa memilih tempat makan berupa saung-saung dari bambu. Makan disini bisa bikin kamu betah menikmati suasananya.

Tidak hanya menjual makanan jadi, di Milas kamu juga bisa menemui pasar organik yang hanya berlangsung selama tiga jam dari pukul 10.00 hingga 13.00 WIB. Pasar organik Milas menyediakan aneka sayuran dan jajanan pasar yang semuanya berasal dari proses pertanian alami alias organik. Seru sekali kan?

Jam buka: Selasa sampai Jumat mulai pukul 15.00 hingga 21.00 WIB
Harga makanan: mulai dari 25,000 IDR

6. Letusee

Image credit: @letusee.yk

Letusee berada di area lobby Hotel Amelia. Aneka menu salad yang menarik bisa kamu temukan di sini. Salah satu yang menarik adalah nicoise salad dengan paduan ikan tuna kukus dan italian dressing yang unik.

Jika ingin makan sesuatu dengan cita rasa lokal namun tetap sehat, kamu bisa coba menu tempeh salad dengan sambal dabu-dabu sebagai dressingnya. Ada juga burger veggie dengan pilihan beberapa patty vegetarian dari tempe dan ubi serta kacang merah.

Jam buka: Senin sampai Sabtu mulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB
Harga makanan: mulai dari 12,000 IDR

7. Mie Pelangi 88

Image credit: @makankeliling

Siapa bilang konsumsi mie membuat kita tidak sehat? Di Jogja kamu bisa menemukan warung mie sehat dari bahan-bahan sayuran lho. Namanya Warung Mie Pelangi 88. Aneka olahan mie disini tidak hanya berwarna kuning tapi juga oranye, hijau hingga ungu. Warna-warni mie ini didapatkan dari sayur-sayuran seperti bayam, wortel dan ubi. Sudah pasti sehat ya, karena bebas dari bahan pewarna.

Aneka mie warna warni diolah dengan kuah bakso, suwiran ayam dan pangsit yang enak dan dijamin bikin ketagihan. Tampilannya sekilas mirip seperti mie ayam tapi dalam versi yang lebih sehat.

Jam buka: setiap hari mulai pukul 8.30 hingga 21.00 WIB
Harga makanan: mulai dari 8,500 IDR

8. Kedai Organik Kolondjono

Image credit: @javafoodie (kiri), @kedaikolondjono (kanan)

Di kedai mungil satu ini kamu tidak hanya bisa makan tapi juga belanja aneka sayur organik dan berbagai jenis madu. Menu makanan di sini merupakan modifikasi dari makanan lokal Indonesia seperti nasi goreng yang dibuat dari nasi merah, gado-gado hingga fish katsu dengan sambal matah.

Tiap hari juga ada menu spesial yang dibuat khusus pada hari itu saja. Karena semua makanan dimasak langsung dengan bahan-bahan fresh maka waktu penyajiannya membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari warung makan kebanyakan. Namun setelah makan, pasti tidak akan menyesal dengan rasanya deh.

Jam buka: Senin sampai Sabtu mulai pukul 11.00 hingga 22.00 WIB
Harga makanan: mulai dari 15,000 IDR

9. Veganissimo

Image credit: @icipicipkuliner

Berbeda dengan tempat makan kebanyakan, veganissimo punya menu khas yang berbeda-beda setiap harinya. Semua menu di sini bisa dipastikan bebas telur, susu dan bawang. Wow, menarik bukan? Meski tidak menggunakan bawang namun Veganissimo punya penggemar tersendiri. Harga menunya sangat ramah di kantong. Jalan-jalan ke Jogja jangan lupa mampir ke Veganissimo ya.

Jam buka: setiap hari mulai pukul 7.30 hingga 21.00 WIB
Harga makanan: mulai dari 10,000 IDR

10. Pondok Lusidus

Image credit: @lusidusvegresto

Depot vegetarian yang satu ini juga sudah cukup lama berdiri sebagai warung penyedia makanan vegetarian di Jogja. Menu yang ditawarkan merupakan menu makanan lokal Indonesia seperti nasi tempe bakar, nasi empal, ikan asam manis, hingga sate dan aneka olahan sosis. Semua menu daging dan ayam di sini adalah vegetarian. Meskipun begitu, rasanya tidak kalah enak dengan rasa daging dan ayam yang asli lho.

Jika ingin mencoba menu vegan, kamu bisa meminta kepada pihak warung untuk tidak menggunakan aneka produk turunan hewan dalam proses memasaknya.

Jam buka: setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB
Harga makanan: mulai dari 6,000 IDR

11. Sugara Milk

Image credit: @yukjajandijogja

Kamu pasti sudah tahu kan khasiat dari susu. Selain bisa bikin badan lebih bertenaga, susu bisa jadi salah satu sumber asupan kalsium untuk kesehatan tulang. Nah, di Jogja kamu bisa menikmati susu beraneka rasa di Sugara Milk. Mulai susu tape hingga susu nangka bisa kamu temui di sini.

Selain itu, aneka kudapan unik dan sehat juga tersedia untuk menemani acara minum susu di sini. Salah satu kudapan yang terkenal adalah ketan dengan variasi topping manis seperti coklat sampai topping asin gurih dendeng. Tempat ini cocok untuk menghabiskan waktu sambil beristirahat sejenak saat jalan-jalan di Jogja.

Jam buka: setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 01.00 WIB
Harga makanan: susu mulai dari 9,000 IDR

Bonus: Aneka Warung Makanan Tradisional

Image credit: @kangmaskulineran (kiri), @divisimakan (kanan)

Di samping tempat makan kekinian di atas, banyak sekali warung makanan tradisional Indonesia di Jogja yang tidak kalah sehat dan enak. Di antaranya adalah Warung lotek dan Gado-gado Bu Bagyo Colombo dan Warung Sego Pecel SGPC Bu Wiryo 1959 yang sudah sangat melegenda.

Lotek adalah makanan yang terdiri dari berbagai sayuran matang yang disajikan dengan saus kacang. Sedangkan gado-gado secara konsep hampir sama dengan lotek namun sayurnya merupakan sayur segar dengan tambahan dengan telur serta kentang kukus. Hidangan lain yang hampir mirip yaitu sego pecel atau nasi pecel. Nasi pecel biasanya dimakan dengan pilihan lauk seperti tempe dan keripik rempeyek. Yang paling khas dari SGPC Bu Wiryo ini adalah sambel pecelnya yang khas. Hmm.. yummy deh pokoknya.

Sekarang tidak perlu khawatir lagi ya dengan agenda wisata kuliner ketika di Jogja. Kamu tetap bisa jalan-jalan dan makan enak tanpa khawatir bisa mengganggu kesehatanmu!

Sumber: tripzilla.id

Banner Pesen Makan Sekarang